paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Air Terjun Tirto Kemanten Banyuwangi

Air Terjun Tirto Kemanten Banyuwangi

Air Terjun Tirto Kemanten Banyuwangi

air-terjun-tirto-kemantenbanyuwangi-tourbanyuwangi-com-08979671512

Air Terjun Tirto Kemanten terletak di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.Air TerjunTirto Kemanten sering disebut juga Air Terjun Wonorejo ini terletak di lereng Gunung Raung dengan pemandangan alam disekitarnya berupa tanaman kopi dan coklat.Air Terjun ini terdiri dari dua air terjun yang tingginya mencapai 10 meter dan posisinya berdekatan hanya dipisahkan oleh batu besar. Oleh penduduk setempat Air Terjun ini dinamakan Air Terjun Kembar Tirto Kemanten, karena terdapat dua aliran Air Terjun yang sepintas mirip dengan jejeran pengantin laki-laki dan perempuan.

Berjarak sekitar 60 km dari Kota Banyuwangi atau 5 km dari Kalibaru.Akses menuju Air Terjun ini relatif mudah karena kondisi jalan yang sudah bagus dan beraspal. Selanjutnya dari Kalibaru, perjalanannya melewati jalan perkebunan yang kondisinya lumayan terjal dan penuh dengan batu prejeng.Untuk menuju air terjun ini, dari Stasiun Kalibaru sekitar 20 meter sebelah kiri jalan terdapat sebuah belokan, masuk ke belokan tersebut dan selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju lokasi Air Terjun.

Fasilitas yang terdapat di objek wisata Air TerjunTirto Kemanten adalah tempat parkir yang dapat memuat kendaraan roda dua dan roda empat, untuk biaya parkir di tempat ini, kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp.5000 dan kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp. 7000, biaya ini sudah termasuk dengan biaya tiket masuk kawasan objek wisata Air Terjun Tirto Kemanten.Untuk Akomodasi disekitar kawasan objek wisata Air TerjunTirto Kemanten terdapat Margo Utomo Resort/Cottage yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menginap.

Selain itu di kawasan perkebunan juga terdapat pemandian alami, yaitu pemandian Jatirono. Sumber mata airnya digunakan oleh perusahaan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Air Rolas, sehingga letaknya bersebelahan dengan pabrik AMDK tersebut. Letaknya sebelum air terjun Tirto Kemanten, yaitu pada portal perkebunan pertama jika kita akan ke air terjun terus lurus saja, sedangkan untuk ke pemandian Jatirono kita belok ke kiri lurus saja sejauh kira-kira 10 km jaraknya, apabila menemukan persimpangan lurus saja sampai ke afdeling atau perumahan perkebunan disana akan ada penjaga yang akan mengarahkan kita menuju pemandian. Disini kita dapat berendam sepuasnya dan menikmati suasana yang alami dari pemandian tersebut. kita akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00 saja. Fasilitas yang ada antara lain musholah, gazebo, dan kamar mandi ganti. Jika berkunjung ke air terjun Tirto Kemanten, maka jamgan lupa untuk mampir ke pemandian Jatirono. Jadi sekalian broo…

 

Related Post