Banyuwangi Ethno Carnival ( BEC )

Banyuwangi Ethno Carnival ( BEC )

Banyuwangi Ethno Carnival ( BEC )

Apakah anda tau apa itu Banyuwangi Ethno Carnival ? , Banyuwangi Ethno Carnival itu adalah suatu karnaval tahunan banyuwangi yang unik dan spektakuler ,Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) berasal dari kata Banyuwangi, Ethno artinya etnik yang dimodifikasi menjadi modern, Carnival bahasa Prancisnya karnaval.Potensi seni dan budaya Banyuwangi sangat melimpah ruah, Sayang sekali bila hanya dikenal hanya skup nasional. Untuk itu pemkab melakukan terobosan dengan mencoba mengikuti selera pasar, yaitu menampilkan seni budaya yang dikemas secara moderen dengan menggelar Banyuwangi Etno Carnival (BEC), Istilahnya, konten lokal tapi dikemas secara moderen dalam bentuk karnaval.

Banyuwangi Ethno carnival tahun ini mengusung tema The Legend of sritanjung – Sidopekso.                     Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, M Yanuarta Bramuda mengatakan, tema tersebut diambil dari cerita rakyat (legenda) akan lahirnya nama Banyuwangi ini yang menjadi nama kota di ujung timur Pulau Jawa ini, Dalam legenda tersebut, Sidopekso dan Sritanjung adalah tokoh utama dalam sebuah legenda lahirnya nama nama Banyuwangi tersebut, keterangan sedikit menceritakan tentang legenda Sidopekso dan Sritanjung ini sehingga lahirlah nama Banyuwangi.

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) seringkali dilihat sebagai peniruan dari ajang sejenis di Jember, yaitu Jember Fashion Carnival (JFC), Memang harus diakui ide awal BEC tidak berlepas dari sukses JFC, Namun ada perbedaan mendasar diantara keduanya, yaitu terletak pada kekuatan konsep dan tema, Konsep BEC berakar dari kesenian tradisional yang tidak dimiliki oleh JFC, BEC menjadi jembatan antara kesenian tradisional dengan modern supaya lebih bisa diterima di panggung internasional. Penyelenggaraan BEC selalu mengusung tema kebudayaan local, Ketika karnaval lain sibuk menarik tema dari “luar” ke “dalam”, Banyuwangi malah sebaliknya, yaitu menggali apa yang dimiliki di ”dalam” untuk diperkenalkan ke ”luar”, Upaya mengangkat kebudayaan lokal adalah sebagai bentuk investasi kebudayaan kepada generasi muda agar bisa menyerap dan memahami makna filosofis yang ada di setiap tradisi masyarakat.

BEC juga merupakan wadah pemacu kreatifitas generasi muda untuk menuangkan gagasan-gagasan unik dan menarik serta memvisualisasi gagasan yang berlatar etnik dan tradisi dalam bentuk dan kemasan artistik yang spektakuler. Sebagai apresiasi terhadap nilai budaya lokal sehingga dapat memiliki daya tarik tersendiri dalam meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal maupun sebagai sajian yang sangat menarik bagi  wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.
 
<<< Banyuwangi Festival

Related Post