Rumah Batik Pringgokusumo

Rumah Batik Pringgokusumo

Rumah Batik Pringgokusumo

Rumah Batik Pringgokusumo di Desa Labanasem Kecamatan Kabat Banyuwangi menawarkan berbagai macam batik khas kota seribu gandrung. Wisatawan dapat melihat secara langsung proses pembuatan batik. Wah menarik bukan?

Proses pembuatan batik Banyuwangi di Rumah Batik Pringgokusumo memiliki beberapa proses yang beragam. Yakni proses batik cap, proses batik kombinasi dan batik tulis. Batik cap Banyuwangi merupakan variasi harga paling terjangkau daripada kedua jenis pemrosesan yang lain.

Alat batik cap terbuat dari tembaga berukuran 20 cm X 20 cm dan telah didesain dengan berbagai motif khas batik Banyuwangi. seperti motif Gajah Oling, Paras Gempal, Kangkung Setingkes, dan Sekar Jagad Blambangan. Proses pembuatan batik cap cukup mudah namun tetap harus presisi sesuai garis di kain mori.

Mulanya, kain mori diletakkan di atas meja dengan alas berbahan empuk. Kemudian tembaga atau bahan cap dicelupkan ke malam atau lilin yang telah mencair. Selanjutnya tembaga tersebut ditekan ke kain mori yang telah siap dibeber.

Kain mori yang telah dicap dengan lilin cair selanjutnya dicelupkan atau direbus ke dalam tangki yang berisi cairan pewarna. Proses perebusan kain mori tersebut bertujuan agar lilin yang telah tertempel dengan sempurna ke kain, dapat luruh dan meninggalkan hasil cap yang sempurna.

Proses selanjutnya yakni pembersihan dan pemberian soda agar warna semakin keluar atau terlihat lebih cerah. Setelah itu, proses terkahir pembuatan batik cap adalah dijemur dan disetrika. Batik cap di Pringgokusumo dipatok dengan kisaran harga  75 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Proses pembuatan batik Banyuwangi yang tak kalah unik yakni batik kombinasi. Batik kombinasi Banyuwangi adalah perpaduan antara batik cap dan batik tulis. Kain yang telah dicap selanjutnya akan diberi ornamen pelengkap dari proses penulisan batik menggunakan canting. Rumah Batik Pringgokusumo mematok harga batik jenis ini denan kisaran 150 ribu hingga 250 ribu rupiah.

Untuk jenis batik tulis Banyuwangi karya para pembatik di Pringgokusumo dihargai dengan nilai yang cukuup terjangkau. Yakni dari kisaran 300 ribu untuk harga ekonomis namun tetap berkualitas tinggi. Hingga kisaran harga 2,5 juta rupiah. Wow, kira-kira Anda tertarik memilih batik jenis apa nih?

Salah satu batik khas Banyuwangi yang dapat Anda jumpai di Rumah Batik Pringgokusumo yakni motif batik Gajah Oling. Motif tersebut memiliki filosofi untuk selalu mengingat Sang Maha Esa yang disimbolkan dengan gajah sebagai hewan yang paling besar dan oling yang berarti ileng  atau mengingatNya.

Motif batik khas Banyuwangi tak hanya Gajah Oling saja lho. Batik khas Banyuwangi lainnya yakni motif Kangkung Setingkes, Paras Gempal, Kopi Pecah, dan Sekar Jagad Blambangan.Tertarik untuk memborong batik-batik khas Banyuwangi? Yuk berkunjung ke Rumah Batik Pringgokusumo.
<<< Oleh-oleh Banyuwangi

Related Post