Desa Gintangan – Pusat Kerajinan Anyaman Bambu

Desa Gintangan – Pusat Kerajinan Anyaman Bambu

Desa Gintangan – Pusat Kerajinan Anyaman Bambu

Dalam hal aktifitas kerajinan, Banyuwangi menyimpan potensi yang luar biasa. Selama ini produk-produk kerajinan dari Banyuwangi lebih banyak dijual dan dijumpai di Pasar Seni Sukowati, dan hampir semua outlet kerajinan di Denpasar. Salah satu yang secara massif warganya memproduksi kerajinan adalah Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, yang terkenal dengan kerajinan anyaman bambu.

Massif dan kreatif. Itulah yang tertangkap pertama saat memasuki Desa Gintangan, yang terletak sekitar 3 Kilometer di sebelah selatan Bandara Blimbingsari. Beberapa outlet yang memajang hasil kerajinan anyaman bambu begitu mudah dijumpai di jalan utama yang membelah desa

Kampung wisata jajang, desa wisata di banyuwangi, kerijan bambu banyuwangi

Desa Gintangan, Pengrajin di Banyuwangi

Salah satunya adalah ‘Widya Karya’ Bamboo Handycraft milik Widodo. Mulai dari souvenir, hiasan dinding, kap lampu, kotak tissue hingga gentong yang semuanya dibuat dari anyaman bambu, terpajang di outlet ini.

Ternyata, sudah sejak lama produk-produk kerajinan anyaman Bambu Desa Gintangan ini merambah pasar luar negeri. “Saya sudah beberapa kali mengirim hasil kerajinan ini ke Malaysia, Thailand, dan beberapa negara Eropa,” jelas Widowo kepada Majalah Destinasi.

BACA JUGA : Paket Gathering Kantor di Banyuwangi 3 Hari 2 Malam

Semakin dalam menyusuri desa yang selama ini lebih dikenal sebagai desa tukang pijat ‘Sangkal Putung’ yang sangat handal di Banyuwangi, di Desa Gintangan kita juga akan menemukan beberapa aktifitas kerajinan lainnya, seperti; kerajinan perak, kerajinan emas, dan home industri pembuatan Gula Merah. Wow..!! Kesana yuk..! (b)

<<< Destinasi Desa/Kampong

Untuk mengetahui lebih banyak FOTO, VIDEO & TULISAN, klik icon berikut

         

Related Post