WISATA BUDAYA BANYUWANGI DESA ADAT KEMIREN

WISATA BUDAYA BANYUWANGI DESA ADAT KEMIREN

WISATA BUDAYA BANYUWANGI DESA ADAT KEMIREN

Wisata Banyuwangi kekinian bukan berarti meninggalkan tradisi dan budaya. Contohnya Desa Wisata  Osing  Kemiren Banyuwangi, yang kini makin populer di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. Desa Kemiren Banyuwangi memiliki keunikan yaitu masih hidup dan terjaganya tradisi suku Osing.

Sejarah Desa Kemiren, diambil dari penyebutan pohon kemiri dan pohon duren. Dahulu Desa Kemiren Banyuwangi ini banyak ditumbuhi pohon kemiri dan pohon duren, sehingga sesepuh desa menamakan desa ini dengan sebutan “Desa Kemiren”.

Letak Desa Kemiren, berada di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Bagi Anda yang ingin mengunjungi desa yang dihuni oleh etnis asli Banyuwangi, yakni Suku Osing, Anda dapat menjangkaunya dengan mudah, dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit dari pusat kota Banyuwangi.

BACA JUGA : Paket Wisata Banyuwangi 2 Hari 1 Malam Valuable Tour

Wisata osing banyuwangi, desa kemiren banyuwangi, kampung adat osing

Bermain musik menggunakan lesung, di Desa Kemiren

Wisata Banyuwangi populer satu ini menjadi istimewa, karena di desa ini warga masih menjaga tradisi dan sangat kental dengan budaya asli Banyuwangi. Desa ini menyimpan keeksotikan budaya, baik dari rumah adat Banyuwangi, makanan khas suku Osing, kesenian musik dan tarian, serta berbagai tradisi Suku Osing yang sampai saat ini masih dilestarikan, membuat Anda semakin betah berada di Desa Wisata Kemiren Banyuwangi ini.

Barong Kemiren Banyuwangi adalah salah satu kesenian asli Banyuwangi yang terlahir dari desa ini, dan hingga saat ini kesenian ini masih terjaga kelestariannya. Wisatawan biasanya akan sangat tertarik melihat bentuk barong Banyuwangi yang memiliki wujud besar dan gagah, dengan mahkota dan kostum yang indah.

Desa Wisata  Osing  Kemiren Banyuwangi menjadi salah satu wisata Banyuwangi populer saat ini, terutama dengan aktivitas menikmati wisata kuliner dan kesenian. Makanan khas suku Osing, yaitu pecel pitik, yang disajikan dengan cara unik khas desa, yaitu makan bersama berhadap-hadapan dengan piring dari daun pisang, menjadi sajian spesial.

Biasanya sebelum menyantap kuliner khas suku Osing yang disediakan oleh warga Desa Wisata Kemiren Banyuwangi, wisatawan terlebih dahulu menikmati sajian kesenian khas Desa Kemiren, seperti barong Kemiren Banyuwangi, tari gandrung, musik lesung, dan musik angklung.

Penasaran dengan wisata budaya Banyuwangi Desa Adat Kemiren? Ayo datang ke Banyuwangi bersama kami Tour Banyuwangi…..

<<< Destinasi Desa/Kampong

Untuk mengetahui lebih banyak FOTO, VIDEO & TULISAN, klik icon berikut