10 Obyek Wisata Banyuwangi Menikmati Sunrise

10 Obyek Wisata Banyuwangi Menikmati Sunrise

10 Obyek Wisata Banyuwangi Menikmati Sunrise

The Sunrise of Java rasa-rasanya menjadi tagline yang tepat bagi Kabupaten Banyuwangi. Sebab Kabupaten paling timur di Pulau Jawa ini memiliki ragam keindahan alam yang sangat cocok untuk dinikmati sembari merasakan hangatnya matahari terbit. Berikut ulasan Tour Banyuwangi mengenai 10 obyek wisata Banyuwangi untuk menikmati sunrise atau matahari terbit.

1. Patung Gandrung Watu Dodol; Nikmati keindahan matahari terbit di landmark Banyuwangi

Patung Gandrung Watu Dodol merupakan area yang sangat cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Sebab lokasi patung Gandrung Watu Dodol berada di pesisir bagian Timur Kabupaten Banyuwangi dan berseberangan langsung dengan selat Bali.

Lokasi patung Gandrung  Watu Dodol terletak di Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro. Di dekat patung Gandrung  tersebut terdapat watu atau batu setinggi enam meter di tengah jalan yang memiliki historis pada masa silam. Wisatawan juga dapat menikmati kuliner ikan bakar dan kelapa muda yang tersaji di warung-warung di sekitar area patung Gandrung Watu Dodol.

Patung Gandrung Watu Dodol / sumber: ayobanyuwangi.blogspot.co.id

2. Bukit Watu Dodol; Saksikan panorama selat Bali dan indahnya sunrise dari ketinggian

Tak jauh dari lokasi patung Gandrung, Bukit Watu Dodol berada di sebelah barat pesisir pantai Watu Dodol. Hanya dengan melakukan pendakian sekitar 10 menit saja, Anda sudah sampai di puncak Bukit Watu Dodol. Sesampainya di sana, Anda dapat leluasa menikmati megahnya matahari terbit dengan panorama selat Bali yang sangat indah.

watudodol, watudodol beach, watu dodol banyuwangi

Bukit Watu Dodol / IG: @ujungtimurjawa

Pemandangan dari ketinggian menjadi spot menarik untuk para pecinta fotografi. Pihak pengelola telah menyediakan tempat duduk menghadap pemandangan Selat Bali. Ketika pagi hari, coba rasakan hangatnya matahari di puncak Bukit Watu Dodol ya…

3. Grand Watu Dodol; Nyantai di pantai GWD Banyuwangi

Grand Watu Dodol Banyuwangi atau GWD Banyuwangi merupakan rest area atau tempat beristirahat yang tepat bagi pengendara lintas Utara, jalur Situbondo Banyuwangi. Dulunya, tempat ini dikenal dengan nama klopoan sebab banyak pohon kelapa di sekitar pantai tersebut.

grand watu dodol kabupaten banyuwangi jawa timur , grand watu dodol , watu dodol banyuwangi

Grand Watu Dodol / IG: @ulfariskya

Pada 2016 lalu, tempat ini dikembangkan menjadi wisata baru bernama Grand Watu Dodol yang sangat ramai dikunjungi wisatawan ketika libur tiba. Selain menyediakan berbagai fasilitas umum dan gazebo untuk beristirahat, Anda dapat menyewa perahu untuk menyisir keindahan pantai Watu Dodol.

4. Bukit Kapuran Ketapang Banyuwangi; Tempat asyik untuk nyanrise

Spot satu ini sangat cocok sebagai tempat untuk menyaksikan sunrise di Banyuwangi, yakni Bukit Kapuran Ketapang Banyuwangi. Lokasi bukit ini sekitar 2,5 Kilometer di sebelah Utara Pelabuhan Ketapang, tepatnya di sebelah Utara sisi atas terminal Bus Tanjung wangi.

Dengan ketinggian sekitar 100 Mdpl, Anda dapat bersantai dan menikmati pemandangan aktifitas kapal ferry di Selat Bali. Di kaki Bukit Kapuran juga terdapat sejumlah café yang cozy abis.

villa bukit kapuran banyuwangi , bukit kapuran banyuwangi foundation , bukit kapuran banyuwangi indonesia

Villa Bukit Kapuran / IG:@titirachmaningtyas

5. Gunung Ijen Banyuwangi; Eksotisnya matahari terbit di puncak Kawah Ijen

Gunung Ijen Banyuwangi memiliki panorama kawah dan aktifitas penambangan belerang yang menarik. Namun selain itu, gunung dengan ketinggian 2.386 Mdpl ini sekaligus memiliki spot untuk menyaksikan sunrise atau matahari terbit. Jika beruntung, saat matahari mulai terbit, Anda akan melihat awan yang berada lebih rendah dari tempat Anda berdiri.

kawah ijen , kawah ijen volcano , kawah ijen crater

Sunrise Kawah Ijen

6. Wisata Gantasan; Lihat matahari terbit dengan pemandangan kota Banyuwangi 180°

Wisata Gantasan Banyuwangi dulunya merupakan rest area bagi wisatawan sebelum menuju gunung Ijen. Namun pada awal 2018 lalu, wilayah milik Perhutani tersebut mulai dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata Banyuwangi.

wisata licin banyuwangi , wisata banyuwangi , wisata gantasan

Wisata Gantasan Ijen/ IG : @fcondromukti

Wisata Gantasan berada di Desa Tamansari Kecamatan Licin, sekitar 45 menit dari pusat kota Banyuwangi. Di sana pengunjung dapat melihat kota Banyuwangi 180° dari ketinggian dengan panorama perkotaan hingga lepas pantai. Jika pagi hari, matahari terbit dari Wisata Gantasan keren banget lho…

7. Pantai Boom Banyuwangi; Rasakan hangatnya sinar mentari di bawah payung pantai

Pantai Boom Banyuwangi merupakan pantai terdekat dan mudah dijangkau dari pusat kota Banyuwangi. Pantai Boom hanya berjarak sekitar 1,5 Kilometer atau enam menit dari Taman Blambangan Banyuwangi.

pantai boom banyuangi, pantai boom bwi, artikel pantai boom

Sunrise Pantai Boom

Berhadapan langsung dengan pulau Bali, pantai Boom memiliki pemandangan yang sangat cantik. Di pantai ini Anda dapat menikmati hangatnya sinar mentari sambil melihat aktifitas kapal-kapal nelayan yang pulang melaut. Anda juga dapat menyewa payung pantai dan bersantai sambil menikmati segarnya kelapa muda.

8. Pulau Santen Banyuwangi; Saksikan siluet nelayan saat sunrise di pulau Santen

Pulau Santen Banyuwangi merupakan pesisir Timur yang berbatasan langsung dengan Selat Bali. Pulau Santen berada di Desa Karangrejo Kecamatan Banyuwangi. Jarak tempuh menuju wisata pulau Santen hanya sekitar lima menit dari pusat kota. Pulau ini memiliki deretan pohon santen sehingga dinamakan dengan nama serupa.

Memasuki Pulau Santen Banyuwangi, Anda akan melewati sebuah jembatan yang memisahkan pulau tersebut dengan daratan kota Banyuwangi. Anda dapat menyaksikan keindahan mangrove yang berderet rapi dengan aliran air laut yang tenang. Pulau Santen menyajikan panorama fantastis matahari terbit dengan aktivitas nelayan-nelayan yang melaut.

pulau santen indonesia , pulau santen , wisata banyuwangi

Pulau Santen

9. Dermaga Cinta; Dermaga unik di tepi selat Bali

Menjemput mentari pagi sambil duduk-duduk santai di sebuah dermaga? Banyuwangi punya sebuah dermaga bernama Dermaga Cinta yang terbuat dari kayu dan menjorok ke laut sekitar 30 meter. Berada di pantai Waru Doyong Desa Bulusan Kecamatan Kalipuro, dermaga ini dibuat oleh salah satu hotel di daerah tersebut untuk bersandarnya speed boat. Berkembangnya waktu, dermaga Cinta menjadi salah satu obyek wisata Banyuwangi.

Uniknya, dermaga ini memiliki sebuah pintu yang juga terbuat dari kayu. Jika mengambil angle yang sejajar, pintu tersebut seolah-olah langsung menuju laut. Dermaga Cinta menjadi spot yang sangat instagramable dan banyak menjadi tujuan para pemuda pemudi. Jangan salah, sunrise di dermaga ini sangat indah lho..

wisata ke banyuwangi , tempat wisata di banyuwangi jawa timur , dermaga cinta banyuwangi

Dermaga cinta

10. Pantai Cemara Banyuwangi; Jogging pagi di rindangnya pohon cemara

Pantai Cemara Banyuwangi merupakan pantai yang tepat untuk menikmati matahari terbit di kota berjuluk the Sunrise of Java. Lokasinya yang berbatasan dengan Selat Bali menyajikan pemandangan lansekap pulau Bali yang eksotis ketika matahari mulai terbit di ufuk Timur. Pantai Cemara menjadi salah satu obyek wisata Banyuwangi yang ramai dikunjungi wisatawan terutama saat jogging pagi hari.

pantai cemara banyuwangi , paket wisata ke banyuwangi , wisata alam banyuwangi

Pantai Cemara / IG: @cak_days

Selain itu, deretan pohon cemara udang membuat pantai ini terasa rindang dengan angin pantai yang sepoi-sepoi. Di Pantai Cemara Banyuwangi juga terdapat penangkaran penyu yang di kelola oleh masyarakat sekitar. Lokasi pantai Cemara berada Kelurahan Pakis Kecamatan Banyuwangi, atau sekitar 20 menit dari pusat kota Banyuwangi.
 
<<< Kumpulan Artikel

Related Post