Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir

Bentang alam Banyuwangi cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisata para traveler dari penjuru negeri maupun dunia. Tak hanya Kawah Ijen yang diburu oleh wisatawan, namun ada satu destinasi wisata Banyuwangi yang sedang naik daun, yakni air terjun Jagir.

Air terjun Jagir berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Jaraknya tergolong paling dekat dengan pusat kota Banyuwangi ketimbang air terjun di Banyuwangi lainnya. Yakni sekitar 13 kilometer atau kurang dari setengah jam perjalanan.

Air terjun ini memiliki keunggulan, yakni terdapat tiga air terjun di dalam satu kawasan. Dua di antaranya jaraknya sangat berdekatan dan memiliki sebutan yang beragam. Masyarakat sering menyebutnya sebagai air terjun Jagir, air terjun kembar, air terjun bersaudara, air terjun Kampung Anyar, dan air terjun Sumber Pawon.

Lokasinya yang berdekatan dengan perkampungan warga, menjadikan air terjun ini sering disebut juga dengan air terjun Sumber Pawon. Alasannya adalah karena mata air atau hulu air terjun ini berasal dari belakang pawon atau dapur rumah penduduk.

Sementara air terjun terakhir terletak di sebelah Barat air terjun Jagir. Dengan jarak sekitar 300 kilometer saja, wisatawan dapat menikmati air terjun Kethegan. Hulu air terjun Kethegan bukan berasal dari mata air seperti air terjun Jagir, melainkan dari aliran sungai Kalibendo.

Air terjun jagir banyuwangi, rute air terjun jagir

Segarnya air terjun Jagir Banyuwangi

Air terjun Jagir dikelola oleh masyarakat sekitar. Dengan bergotong royong, beberapa masyarakat Kampung Anyar mulai memperbaiki akses menuju air terjun. Agar dapat digunakan untuk berenang, masyarakat pun membendung aliran dari air terjun Jagir dengan membuat sebuah ceruk besar.

Biasanya diceruk itulah wisatawan dapat dengan puas berenang bersama sanak keluarga karena kedalamannya masih tergolong aman untuk anak-anak. Puas berenang dan bergembira, wisatawan bakal dimanjakan dengan beberapa warung penjaja makanan ringan. Mayoritas pedagang di sana adalah masyarakat sekitar.

Sering kali, iir terjun Jagir ini menjadi destinasi pelengkap setelah wisatawan menggunjungi Kawah Ijen. Tak jarang banyak wisatawan yang memutuskan untuk berenang melepas bau menyengat dari asap belerang di Kawah Ijen. Penasaran dengan wisata air terjun Jagir? Hubungi Tour Banyuwangi segera ya..

BACA JUGA : Open Trip Kawah Ijen dan Kampong Kopi Gombengsari

 
<<< Destinasi Wisata Alam

Untuk mengetahui lebih banyak FOTO, VIDEO & TULISAN, klik icon berikut

         

Related Post