paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Keindahan alam wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Keindahan alam wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Keindahan alam wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Rute ke kawah Ijen

Pendakian ke kawah Ijen dimulai dari Paltuding. Paltuding berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Berikut ini adalah rute-rute menuju Paltuding dari berbagai daerah:

Rute Kawah Ijen Banyuwangi

Rute ke kawah Ijen dari Malang atau dari Surabaya ada dua alternatif:

Jalur Situbondo

Dari Malang atau Surabaya menuju Situbondo, kemudian dilanjutkan ke Sempol (Bondowoso), dan diteruskan dari Sempol menuju Paltuding. Dari Situbondo ke Paltuding berjarak sekitar 93 km.

Jalur Banyuwangi

Dari Malang atau Surabaya menuju Banyuwangi, kemudian dilanjutan perjalanan ke Licin, dan diteruskan dari Licin menuju Paltuding. Dari Banyuwangi ke Paltuding berjarak sekitar 37 km.

Rute ke kawah Ijen dari Jember ada dua alternatif:

Jalur Bondowoso

Dari Jember menuju Bondowoso, kemudian dilanjutkan ke Sempol lewat Wonosari, dan diteruskan dari Sempol menuju Paltuding. Dari Bondowoso ke Paltuding berjarak sekitar 70 km

Jalur Banyuwangi

Dari Jember menuju Banyuwangi, kemudian dilanjutan perjalanan ke Licin, dan diteruskan dari Licin menuju Paltuding. Dari Banyuwangi ke Paltuding berjarak sekitar 37 km.

Rute ke kawah Ijen dari Bali

Dari Bali ke Banyuwangi, kemudian dilanjutan perjalanan ke Licin, dan diteruskan dari Licin menuju Paltuding. Dari Banyuwangi ke Paltuding berjarak sekitar 37 km.

Bila menggunakan transportasi umum, yang paling dianjurkan adalah menggunakan kereta api ke Banyuwangi, turun di Stasiun Karang Asem, Banyuwangi. Dari Stasiun Karang Asem, menuju ke Licin, dan dari Licin dilanjutkan perjalanan ke Paltuding. Jalur kereta api yang menuju ke Banyuwangi ada dari Jogja dan Solo (kereta api Sri Tanjung), dari Malang (kereta api Tawang Alun), dari Surabaya (kereta api Mutiara Timur, Probowangi dan Sri Tanjung), dari Probolinggo (kereta api Mutiara Timur, Probowangi, Tawang Alun, dan Sri Tanjung) dari Jember (kereta api Mutiara Timur, Probowangi, Tawang Alun, dan Sri Tanjung).

Bila menggunakan pesawat terbang, terdapat dua rute penerbangan ke Banyuwangi, dari Surabaya dan dari Denpasar. Dari Bandara Rogojampi Banyuwangi dilanjutan perjalanan ke Licin, dan diteruskan dari Licin menuju Paltuding. Dari Bandara Rogojampi ke Paltuding berjarak sekitar 47 km.

Tips Mendaki Gunung Ijen

wisata kawah ijen, tour kawah ijen, open trip kawah ijen, tourbanyuwangi.com, 08979671512Berikut ini adalah beberapa tips mendaki kawah Ijen, agar wisatawan dapat menepuh perjalanan dengan aman dan nyaman:

  1. Bila ingin melihat blue fire kawah Ijen, lakukan start pendakian sekitar jam satu atau paling lambat jam dua malam sudah berangkat dari Paltuding
  2. Bila melakukan perjalanan malam bawalah senter
  3. Bila melakukan perjalanan malam hari bawalah jaket atau sweater
  4. Sebaiknya gunakan sepatu gunung, dan berkaos kaki, agar pendakian lebih nyaman dan aman bagi kaki
  5. Jangan lupa bawalah bekal air minum, dan makanan secukupnya,. Jangan lupa bawa turun kembali sampah dan bungkus makanan
  6. Sebaiknya gunakan masker, karena selama perjalanan pendakian banyak sekali debu
  7. Bila turun ke kawah, sebaiknya gunakanlah masker gas, yang dapat menyaring uap belerang, biasanya wisatawan dapat menyewa masker gas pada para penambang belerang
  8. Jangan sekali-sekali menyentuh air danau kawah, karena air danau kawah Ijen sangat asam, bisa membuat kulit dan daging larut
  9. Jangan terlalu lama di dalam kabut atau uap belerang, bila tidak tahan bisa mual-mual, muntah, bahkan pingsan
  10. Berinteraksilah dengan penambang-penambang belerang, mereka pada dasarnya cukup ramah. Wisatawan biasanya berbagi makanan kecil atau berbagi rokok dengan para penambang belerang, agar segera terbangun keakraban, Bila mengambil foto atau video penambang belerang, mintalah ijin terlebih dahulu
  11. Bila ada rejeki lebih, sebaiknya belilah suvenir berupa kerajinan dari belerang yang dibuat oleh para penambang belerang, agar mereka mendapatkan penghasilan tambahan
  12. Sebaiknya gunakan guide, atau ambillah paket wisata dari tour operator, agar perjalanan lebih terjamin, tidak tersesat di jalan, dan bila ada kondisi yang tidak diinginkan ada yang akan membantu.

Demikianlah beberapa informasi tentang wisata kawah Ijen Banyuwangi yang bisa kami sajikan. Wisata gunung Ijen merupakan perjalanan yang sangat menarik, wisatawan dari berbagai penjuru dunia telah datang untuk melihat pesona kawah Ijen yang menakjubkan ini. Sayang sekali apabila kita sendiri sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki kekayaan alam luar biasa ini malah belum menjejakkan kaki ke tempat wisata yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia ini.

Untuk mengikuti perjalanan wisata kawah Ijen Banyuwangi, silahkan buka link Paket Wisata Kawah Ijen Blue Fire Banyuwangi.

Sebelumnya

Related Post

One thought on “Keindahan alam wisata Kawah Ijen Banyuwangi

  1. Pingback: xmt85c4wx5ctwxw3tcerthve56