paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Festival Kuwung

Festival Kuwung

Festival Kuwung

festival-kuwung-tourbanyuwangi-com-08979671512

Festival kuwung adalah pawai tahunan, yang menjadi etalase yang memamerkan keaslian Banyuwangi, baik kekayaan budaya, adat, maupaun potensi unggulan yang ditampilkan oleh perwakilan 24 kecamatan se Kabupaten Banyuwangi.Sebanyak seribu orang peserta berpawai melintasi sepanjang jalan protocol sejauh 2 kilometer. Rutenya meliputi start dari depan kantor bupati Banyuwangi di jalan A. Yani, jalan PB. Sudirman, jalan Satsuit Tubun sampai finish di Taman Blambangan.

Selain berbentuk parade berjalan, Festival Kuwung juga dikemas dengan parade mobil hias. Potensi local, seperti, kerajinan maupun destinasi wisata juga dikemas dalam festival kuwung. Kemeriahan semakin terasa dengan iringan musik khas, seperti hadrah, kundaran, dan jaranan dalam festival budaya otentik Banyuwangi ini.

                Berbagai tarian dan kesenian lain dipentaskan dalam festival atau pesta rakyat ini,mulai dari gandrung khas banyuwangi, tari seblang,tari gandrung marsan, tari gandrung wadon, seni jaranan buto, barong cokot, dan barong prejeng. Bahkan seni music pun ada seperti seni angklung paglak, angklung caruk,janger daqn deretan keseniannya lainya. Semuanya dipentaskan secara kreatif oleh masyarakat banyuwangi sendiri di dalam Festival Kuwung Banyuwangi ini. Tidak lupa festival yang meriah ini pun juga menampilkan sedikit penggalan kisah sejarah dari banyuwangi dari masa lampau hingga perkembangan terakhir. Mulai dari sejarah perlawanan rakyat setempat yang gagah ketika melawan voc, hingga potensi wisata budaya yang kini amat gencar disuarakan.

                Peserta dalam festival kuwung banyuwangi ini berasal dari masyarakat local seperti para seniman , budayawan, siswa dan siswi sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi di banyuwangi. Tidak lupa para aparatur daerah juga ikut memeriahkan megahnya perayaan ini.selain itu ,sebagai tanda menghormati budaya dari daerah lain yang masih memiliki kedekatan latar belakang sejarah dan kemiripan budaya, di undang pula seniman – seniman dan budayawan – budayawan dari daerah tetangga seperti kabupaten kediri, kabupaten ponorogo dan kabupaten probolinggo. Keempat kota di jawa timur ini memang dalam sejarahnya memiliki latar belakang yang sama yaitu penegmbangan dari kerajaan kediri, kerajaan blambangan , kerajaan mataram kuno dan mataram isl

Related Post

One thought on “Festival Kuwung

  1. Pingback: 4cyn5et4m5t94c5t9m4vn54cx65