Keindahan Wisata Pulau Merah

Keindahan Wisata Pulau Merah

Keindahan Wisata Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi, demikian sebutan yang kini digunakan untuk pantai indah yang dulunya bernama Ringin Pitu. Pantai ini eksotis, garis pantainya sepanjang 3 km dengan pasir berwarna putih kecoklatan. Beberapa puluh meter dari pantai, terdapat sebuah pulau berupa bukit kecil.

Penyebutan Pulau Merah konon disebabkan saat matahari terbenam terlihat pantulan semburat warna merah di laut. Namun, ada pula penjelasan penamaan Pulau Merah disebabkan karena tanah di pulau tersebut berwarna merah, tapi tertutup oleh hijaunya vegetasi yang tumbuh di sana.

Memang bisa kita jumpai tanah berwarna kuning memerah pada beberapa bagian pulau yang terkelupas permukaannya. Diperkirakan tanah di sini masuk dalam kategori oxisol atau ordo ultisol, tanah yang berumur tua, atau mengalami oksidasi. Bila laut surut, kita bisa berjalan kaki ke pulau ini.

Wisata Pulau Merah

pulau merah bwi, pulau merah jawa timur, tempat wisata banyuwangi

Sunrise di pulau merah Banyuwangi

Wisata Pulau Merah Banyuwangi menjanjikan pengalaman menyenangkan. Apa saja aktifitas yang bisa kita lakukan di Pantai Pulau Merah Banyuwangi ini?

Berjalan-jalan, bermain pasir, volley pantai, bermain air, dan berenang di pantai, itulah kegiatan yang tiada bosannya bisa kita lakukan seharian di sini. Kita juga bisa menyewa kursi pantai lengkap dengan payungnya untuk berjemur di pantai ini.

Pemandangan pantai dengan latar belakang bukit Pulau Merah Banyuwangi ini sangat mempesona, surga bagi para penggemar fotografi maupun foto selfie. Terutama saat menjelang matahari terbenam di sore hari.

Baca juga : Keindahan Alam Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Selancar Pulau Merah

pantai pulau merah, tempat wisata banyuwangi, paket wisata banyuwangi 2h1m

Wisata pulau merah Banyuwangi surfing

Bagi penggemar olah raga surfing, Pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah tempat yang sangat cocok untuk berselancar. Ombaknya setinggi 2,5 sampai 5 meter, dan tidak banyak terdapat karang di dasar lautnya. Lumayan memiliki tantangan, namun juga masih cukup aman.

Tidak seperti pantai G-Land yang selama ini sudah menjadi destinasi surfing di Banyuwangi, dengan ombaknya yang besar, yang hanya bisa dinikmati peselancar profesional. Untuk ombak di Pantai Pulau Merah Banyuwangi masih cukup sesuai bagi peselancar pemula dan juga bagi peselancar profesional.

Para pemula bisa belajar surfing pada masyarakat desa yang sudah profesional. Bila tidak membawa papan surfing, kita juga bisa menyewanya pada masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Untuk mempromosikan wisata Pulau Merah Banyuwangi dan memperkenalkan potensi surfing ini ke dunia internasional, Pemerintah Banyuwangi telah beberapa kali menyelenggarakan kompetisi surfing berskala internasional di Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Lokasi Pulau Merah

Letak Pulau Merah Banyuwangi berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi Pulau Merah Banyuwangi ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Banyuwangi.

Untuk menuju lokasi Pulau Merah Banyuwangi, kita bisa menempuhnya dengan berkendaraan dalam waktu 2,5-3 jam dari Banyuwangi kota. Akses jalannya cukup bagus, walaupun di beberapa daerah tidak terlalu lebar.

Letak Pulau Merah Banyuwangi berada di Banyuwangi selatan, serangkaian dengan beberapa destinasi wisata Banyuwangi lainnya, seperti Wedi Ireng, Rajegwesi, Teluk Hijau, dan Sukamade. Sehingga, seringkali wisata Pulau Merah Banyuwangi dirangkaikan pula dengan obyek-obyek wisata yang lain.

Tips wisata Pulau Merah

Beberapa tips dalam berwisata ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi:

  • Agar kulit tidak terbakar, gunakanlah sunblock, bawalah kaca mata hitam dan topi
  • Jangan lupa membawa kamera. Pemandangan di Pantai Wisata Pulau Merah terlalu indah untuk tidak kita abadikan.
  • Berhati-hatilah saat berenang di pantai Pulau Merah. Kita hanya boleh berenang di lokasi-lokasi yang diperbolehkan, yang ditandai dengan batas-batas bendera merah.
  • Jangan berenang terlalu jauh ke tengah. Terkadang ombak besar bisa datang sewaktu-waktu.
  • Bila terjadi kondisi darurat, segeralah hubungi petugas life guard, yang siap melakukan rescue apabila terjadi kecelakaan di laut.
  • Jika suka dengan olah raga surfing, jangan lupa membawa papan selancar, atau kita bisa menyewanya di penduduk setempat.
  • Bila membutuhkan makanan dan minuman, kita bisa membelinya dengan harga yang terjangkau, di tempat-tempat makan yang dibangun di area pantai.
  • Bila ingin menginap, kita bisa menyewa homestay milik masyarakat, dengan harga terjangkau
  • Jangan meninggalkan sampah, buanglah sampah di tempat sampah, atau selalu bawalah pulang sampah Anda sendiri.
  • Jangan meninggalkan sesuatu selain jejak, jangan mengambil sesuatu kecuali foto dan video, serta jangan membunuh sesuatu selain waktu.

Paket Wisata Pulau Merah

pulau merah beach, paket wisata pulau merah banyuwangi, paket tour banyuwangi murah

Wisata di pulau merah Banyuwangi

Keindahan wisata Pulau Merah Banyuwangi memang tak mudah digambarkan dengan kata-kata. Jadi, daripada hanya membaca dan membayangkannya, lebih baik buktikanlah sendiri. Datanglah dan nikmati wisata Pulau Merah Banyuwangi yang eksotis.

Tertarik berwisata ke Pulau Merah Banyuwangi? Anda menginginkan perjalanan wisata dengan layanan profesional, menyenangkan, nyaman, mudah, dan murah? Kami dari Tour Banyuwangi telah menyediakan beberapa Paket Wisata Pulau Merah Banyuwangi.

 Baca juga : Paket Wisata Banyuwangi 3H2M

Paket Wisata Pulau Merah Banyuwangi bisa berdiri sendiri atau dapat dirangkaikan dengan rute destinasi-destinasi wisata Banyuwangi lainnya. Tour Banyuwangi siap untuk meng-organize trip anda.

Jadi, tunggu apa lagi..? Percayakanlah liburan Anda bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja Anda kepada Tour Banyuwangi. Nikmatilah indahnya surga wisata pantai di Banyuwangi, dengan Paket Wisata Pulau Merah Banyuwangi.

 

View Map Location

 
<<< Destinasi Wisata Alam

Related Post