Kampong Kopi Gombengsari Kampong Kahyangan

Kampong Kopi Gombengsari Kampong Kahyangan

Kampong Kopi Gombengsari Kampong Kahyangan

Wisata kebun kopi Banyuwangi Kampong Gombengsari terletak di kaki gunung Ijen. Wisata kopi menjadi aktivitas pariwisata andalan di kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, yang memiliki potensi kekayaan berupa ribuan hektar kebun kopi dan ratusan peternakan kambing etawa milik warga.

Nenek moyang warga kampung ini adalah pekerja di perkebunan Kaliklatak milik Belanda, yang kemudian membuka perkampungan di luar perkebunan, keturunan-keturunan mereka akhirnya mulai ikut menanam kopi di lahan-lahan di kampung.

Kampong kahyangan, Gombengsari

tour kebun kopi, wisata kebun kopi Banyuwangi, tour kebun kopi

Wisata kopi Banyuwangi, edukasi kopi

Kampong Kahyangan, berada di lingkungan (dusun) Kacangan, merupakan lingkungan kedua di Kelurahan Gombengsari yang disupport oleh komunitas pergerakan HIDORA (Hiduplah Indonesia Raya) dalam bentuk program pendampingan masyarakat.

wisata kopi Banyuwangi, edukasi kopi, tour kebun kopi

Kuliner tradisional dalam wisata kebun kopi Banyuwangi

Bentuk wisata kebun kopi di Kampong Kacangan ini berupa tour kebun kopi, petik kopi (saat panen), belajar memproses kopi secara tradisional (sangrai, tumbuk, sampai seduh), tour berkuda keliling kebun kopi, tour untuk melihat sunrise atau menyaksikan pemandangan kota Banyuwangi dari bukit Puncak Asmara, yang bisa dikombinasikan dengan wisata kuliner makan siang dan coffee break, serta pertunjukan kesenian.


 
<<< Destinasi Desa/Kampong

Related Post