paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Kampus Wetan, Wisata Seni Budaya Banyuwangi

Kampus Wetan, Wisata Seni Budaya Banyuwangi

Kampus Wetan, Wisata Seni Budaya Banyuwangi

Kampus Wetan (Kampong Seni Kuwung Wetan) adalah penyebutan untuk 3 desa, yaitu Desa Rejoagung dan Desa Wonosobo di Kecamatan Srono dan Desa Aliyan di kecamatan Rogojampi. Kuwung Wetan artinya “pelangi dari timur”, artinya desa-desa ini adalah potensi seni budaya yang indah dan beraneka warna, yang berasal dari ujung paling timur Pulau Jawa. Ketiga desa ini bersebelahan dan saling berhubungan erat dalam sebuah rangkaian “ekosistem” kesenian tradisional Banyuwangi. Di desa Rejoagung terdapat sanggar seni, di Desa Wonosobo terdapat kerajinan pembuatan gamelan dan ukiran gamelan, di Desa Aliyan terdapat kerajinan monte, anyaman bambu, dan pembuatan kostum kesenian tradisional.

KAMPUS WETAN – REJOAGUNG

Kampus Wetan Desa Rejoagung berada di Kecamatan Srono, sekitar 25 km atau 45 menit dari pusat kota Banyuwangi. Di desa ini terdapat sanggar kesenian bernama Umah Seni Kuwung Wetan yang memiliki 250 orang anggota, mulai dari anakanak, remaja, sampai dewasa. Sanggar Umah Seni Kuwung Wetan memiliki beraneka menu kesenian, baik musik tradisional, maupun tari tradisional, yang telah meraih banyak prestasi, baik di level Banyuwangi maupun di tingkat Jawa Timur. Dalam paket wisata di Kampus Wetan, bisa disaksikan pertunjukan atau latihan kesenian tari dan musik gamelan, atau performance grup Banyuwangi Jazz Ethnic, yang biasanya dipaketkan dengan dinner/lunch ataupun coffee break.

KAMPUS WETAN – WONOSOBO

 

Kampus Wetan Desa Wonosobo berada di Kecamatan Srono, sekitar 22 km atau 40 menit dari pusat kota Banyuwangi. Di desa ini terdapat berbagai potensi budaya yang dikemas menjadi atraksi wisata berupa aktivitas keseharian masyarakat desa yang unik dan khas, seperti home industry kerajinan pembuatan gamelan dan alat-alat musik tradisional Banyuwangi, kerajinan ukiran yang mengerjakan ukiran untuk gamelan maupun ukiran-ukiran lainnya, pande besi tradisional, dan kegiatan pembuatan gula kelapa yang dilakukan oleh masyarakat desa secara tradisional. Selain itu di desa ini terdapat pula potensi kesenian berupa gamelan anak-anak, dan kesenian jaranan anak-anak.

KAMPUS WETAN – ALIYAN

Kampus Wetan Desa Aliyan berada di Kecamatan Rogojampi, sekitar 22 km atau 40 menit dari pusat kota Banyuwangi. Desa Aliyan adalah desa tua yang merupakan satu dari 14 desa komunitas adat Osing. Desa ini terkenal karena terdapat ritual adat Keboan yang dilaksanakan setiap tahun sekali. Di desa ini terdapat berbagai potensi budaya yang dikemas menjadi atraksi wisata berupa persawahan indah yang dihiasi kiling (kincir angin, tradisi suku Osing), aneka kerajinan berbahan monte (manik —manik), kerajinan anyaman bambu, kerajinan alat-alat dapur, dan kerajinan alat musik Afrika kalimba. Selain itu di desa ini terdapat juga kesenian gamelan yang dimainkan oleh anak-anak.

Program KAMPUS WETAN

Rencana pengembangan dari Kampus Wetan adalah membangun Sekolah Menengah Kejuruan Seni Budaya Banyuwangi (SMK SB Banyuwangi) di Desa Rejoagung. Direncanakan SMK Seni Budaya ini meliputi jurusan tari, musik, seni pertunjukan, dan multimedia. Di luar pendidikan formal, dikembangkan soft skill leadership dan enterpreneurship untuk siswa. Siswa rencananya akan “di-asramakan” tinggal di rumah-rumah warga. SMK SB Banyuwangi ini juga direncanakan menjadi sekolah gratis bagi anak-anak seniman tradisional Banyuwangi yang tidak mampu. Lahan untuk SMK Seni Budaya ini sudah ada, sehingga SMK ini direncanakan akan segera beroperasi pada tahun 2018.

Related Post