paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Kampong Wisata Temenggungan

Kampong Wisata Temenggungan

Kampong Wisata Temenggungan

Kampung Temenggungan merupakan sebuah kelurahan yang terletak di pusat kota, di belakang Pendopo Sabha Swagata Blambangan Kabupaten Banyuwangi. Kampung ini merupakan kampung tertua di wilayah Banyuwangi kota, yang dibangun berbarengan dengan pemindahan ibu kota Kadipaten Blambangan dan Ulupampang (Muncar) ke daerah hutan Tirtaganda yang sekarang menjadi wilayah kota Banyuwangi, di era Bupati Mas Alit (Raden Tumenggung Wiraguna) pada tahun 1774. Saat ini, Kampung Temenggungan lebih sering dikenal dengan sebutan “KAWITAN” yang berarti Kampong Wisata Temenggungan. Yang menjadi alasan kampung dengan kurang lebih 879 kepala keluarga menjadi kampung wisata adalah, kampung ini memiliki berbagai potensi. Diantaranya adalah, potensi wisata sejarah dan heritage, yakni dengan masih banyaknya ditemui rumah-rumah era kolonial, rumah-rumah adat Osing yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Temenggungan sebagai tempat tinggal mereka. Selain itu, juga terdapat rumah peninggalan dari Bupati ke-5 Raden Tumenggung Pringgokusumo yang masih berdiri tegak, dan sebagian barang-barang peninggalan beliau masih tersimpan didalam rumah tersebut.

Baca juga : Apa itu Kampung Wisata?

Potensi yang lain yaitu adanya wisata spiritual, dimana dalam hal ini yang menjadi bukti fisik adalah keberadaan Sumur Sri Tanjung di samping timur Pendopo atau tepatnya di Jl. Sidopekso. Sumur ini dipercaya menjadi cikal-bakal munculnya nama Banyuwangi (“banyu” artinya “air” dan “wangi” artinya “harum”), hal ini terkait pula dengan legenda Putri Sri Tanjung dan Patih Sidopekso. Sampai hari ini, sumur Sri Tanjung masih sesekali menimbulkan aroma wangi pada kondisi peristiwa-peristiwa besar tertentu. Masyrakat sekitarpun juga meyakini bahwa air sumur tersebut memilik khasiat, sehingga tidak heran juga apabila sumur Sri Tanjung sering diziarahi masyarakat Banyuwangi bahkan luar Banyuwangi yang menggunakan air sumur untuk kepentingan mandi hajat ataupun sekedar cuci muka. Sebagai salah satu daerah bersejarah, Temenggungan juga memiliki potensi mengenai seni dan budaya, semenjak masa lalu sampai saat ini, Kampong Wisata Temenggungan menjadi pusat kerajinan batik. Batik Gajah oling merupakan salah satu motif yang menjadi ciri batik khas Banyuwangi. Belum lagi kesenian tradisional seperti gamelan, barong Using, kuntulan, musik patrol, dan lain-lain masih terus terjaga kelestariannya. Baik yang tua, yang muda, sampai juga anak-anak , terampil dan lihai dalam memainkan sebuah alat musik tradisional ataupun dalam hal menari. Keterampilan itu mereka dapatkan secara turun-menurun dari generasi leluhurnya.

Potensi kuliner juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang datang ke Temenggungan. Beraneka ragam kuliner tradisional Banyuwangi dijual di kampung ini, seperti sego tempong dengan sambalnya yang pedas, sego janganan, aneka rujak, dan lain sebagainya. Bahkan, jika dipagi hari juga ada masyarakat yang menjual jajanan khas Banyuwangi seperti aneka jenang, aneka ketan, horog-horog, uceng-uceng, putu, dan aneka jajanan lainnya. Dalam perkembangannya, saat ini di Temenggungan juga tersedia penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam menikmati suasana kampung, kamar yang tersedia merupakan kamar-kamar milik warga setempat. Jadi sebagian rumah warga ada yang dijadikan sebagai homestay sebagai fasilitas penunjang yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Suasana kamar yang disediakan beberapa diantaranya merupakan nuansa rumah-rumah kuno ataupun rumah osing. Selain itu, aktifitas masyrakatnya yang sangat aktif membuat suasana kampung menjadi ramai, bahkan setiap dua minggu sekali diadakan kegiatan pasar minggon. Dimana dalam pasar tersebut banyak masyarakat yang menjual aneka kuliner dan oleh-oleh khas Banyuwangi. Dengan demikian, pengunjung akan lebih merasa nyaman berada di Kampong Wisata Temenggungan.

Demikian ulasan seputar Kampong Wisata Temenggungan atau yang biasa kami sebut dengan KAWITAN. Di Kawitan sendiri memiliki berbagai macam paket wisata yang bisa anda nikmati seperti Paket Holiday 1 Hari, Paket Wisata Banyuwangi 2H1M dan lain-lain. Untuk info dan pemesanan paket silahkan Hubungi Kami.

Related Post

One thought on “Kampong Wisata Temenggungan

  1. Pingback: 4cyn5et4m5t94c5t9m4vn54cx65