paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Keunikan Taman Nasional Alas Purwo

Keunikan Taman Nasional Alas Purwo

Keunikan Taman Nasional Alas Purwo

 

wisata-alas-purwo-alas-purwo-banyuwangi-paket-tour-banyuwangi-tourbanyuwangi-com-08979671512

   Taman Nasional Alas Purwo (TN Alas Purwo) adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan PurwoharjoKabupaten BanyuwangiJawa TimurIndonesia. Secara geografis terletak di ujung tenggara Pulau Jawa wilayah pantai selatan antara 8°26’45”–8°47’00” LS dan 114°20’16”–114°36’00” BT.

        Bagi warga banyuwangi ataupun para penelusur dunia lain alas purwo ini terkenal sangat angker, sebagian orang meyakini bahwa di alas purwo ini terdapat kerajaan jin yaitu tempat berkumpulnya para mahluk halus jin dan sebangsanya , dialas purwo bayuwangi ini juga terdapat sebuah pura yang terletak di tengah alas, tidak heran jika setiap tahunnya banyak pengunjung umat hindu dari bali dan banyuwangi berkunjung ke pura ini, bahkan pada hari hari tertentu seperti tanggal 1 suro (tahun baru islam) banyak warga yang datang ke alas purwo ini untuk bersemedi mencari wangsit, kesaktian bahkan pesugihan.

          mitosnya alas purwo identik dengan kerajaan jin dengan segala ceritanya yang aneh, menyeramkan dan tak masuk akal bagi orang-orang modern. di hutan belantara milik taman nasional park banyuwangi yang luasnya 434 km persegi ini banyak cerita mistis. dan ini salah satu faktor alas purwo begitu populer.padahal taman naaional yang berada di ujung pulau jawa ini juga menjadi adalah tempat untuk melindungi berbagai satwa langka yang ada di jawa timur. beberapa hewan langka itu diantaranya adalah banteng jawa, elang jawa, anjing hutan, rusa, burung merak dan lainnya.

         jalan untuk menuju ke alas purwo  tak begitu mulus, sehingga perlu waktu lebih lama untuk sampai ke dalam. jalan yang tidak beraspal ini dimaksudkan untuk menjaga ekosistem alas purwo seperti aslinya. jika tak biasa perjalanan kurang lebih satu jam dari jalan raya ini membuat kepala pusing-pusing.namun jangan khawatir, di alas purwo terdapat sedikitnya 8 tujuan wisata yang harus dikunjungi. tempat itu diantaranya adalah savana sadengan, pantai trianggulasi, pantai plengkung atau g land, pantai pancur, pantai ngagelan, pantai cungur, makam mbah dowo dan goa-goa yang berjumlah 40 buah, jadi kita bisa dating di satu tempat yang banyak tempat wisatanya.    

Related Post

One thought on “Keunikan Taman Nasional Alas Purwo

  1. Pingback: xmt85c4wx5ctwxw3tcerthve56