Transportasi ke Banyuwangi Jawa Timur

Transportasi ke Banyuwangi Jawa Timur

Transportasi ke Banyuwangi Jawa Timur

Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur dikaruniai kekayaan alam yang beragam, mulai dari keindahan pegunungan hingga pesisir pantai dari ujung Timur hingga Selatan yang telah dimanfaatkan sebagai obyek wisata. Daya tarik wisata Banyuwangi menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi kabupaten di ujung Timur pulau Jawa tersebut.

Transportasi ke Banyuwangi terbilang cukup lengkap. Mulai dari moda transportasi darat, laut hingga udara, Anda dapat segera menikmati keindahan berbagai destinasi wisata Banyuwangi. Berikut ulasan Tour Banyuwangi mengenai apa saja transportasi menuju the Sunrise of Java.

Naik apa ke Banyuwangi?

Kereta Api ke Banyuwangi

Transportasi ke Banyuwangi melalui jalur darat salah satunya dapat Anda tempuh dengan kereta api. Terdapat berbagai jenis kelas, Anda dapat menyesuaikannya dengan budget dan perkiraan waktu yang dibutuhkan. Dari kereta kelas Ekonomi, Bisnis, maupun Eksekutif.

kereta api ke banyuwangi dari jakarta , kereta api indonesia , paket wisata ke banyuwangi

Kereta Api Indonesia

Jika Anda berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng atau transit di sana, terdapat bermacam jenis kereta menuju Banyuwangi. Seperti kereta Probowangi, Mutiara Timur Siang, Sri Tanjung, dan Mutiara Timur Malam. Kereta-kereta tersebut akan berhenti di pemberhentian paling ujung yakni Stasiun Banyuwangi Baru, sekitar tiga menit dari Pelabuhan Ketapang.

Kapal Ferry Ketapang Banyuwangi

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi merupakan salah satu pelabuhan terpadat di Jawa Timur dengan ratusan perjalanan setiap harinya. Jika sedang berada di Bali, Anda dapat menggunakan jasa penyebrangan yang dikelola oleh ASDP Indonesia Ferry dari Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Transportasi ke Banyuwangi menggunakan Kapal Ferry Ketapang Gilimanuk melayani penyeberangan selama 24 jam dengan selisih waktu sekitar 30 menit untuk pergantian setiap kapal. Jarak tempuh penyeberangan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam.

kapal ferry banyuwangi , jadwal kapal ferry banyuwangi bali , paket wisata banyuwangi

Kapal Ferry

Biaya menyeberang untuk pejalan kaki hanya dipatok dengan tarif Rp. 6.500 untuk dewasa dan Rp. 4.500 untuk anak-anak. Tarif sepeda motor sebesar Rp. 24.000. Tarif kendaraan penumpang atau mobil sebesar Rp. 159.000. Tarif bus dengan ukuran sedang dipatok dengan biaya  Rp. 302.000, sementara untuk bus dengan ukuran besar sejumlah Rp. 495.000.

Bus ke Banyuwangi

Transportasi menggunakan jasa angkutan bus umum masih menjadi pilihan bagi para pelancong dari berbagai daerah. Beberapa jenis bus trayek Surabaya – Banyuwangi bernama bus Ladju, Sandy Putra, dan Akas. Keberangkatan bus-bus tersebut dari Terminal Purbaya, Surabaya.

Untuk bus Ladju dan Sandy Putra melalui jalur Selatan, yakni melewati trayek Kabupaten Probolinggo – Jember. Sedangkan bus Akas akan melalui jalur Utara, yakni melalui Kabupaten Probolinggo – Situbondo.

Jadwal kebarangkatan akas ke banyuwangi, jadwal keberangkatan bus dari banyuwangi, keberangkatan bus menuju Banyuwangi

Tabel keberangkatan Bus Surabaya – Banyuwangi

Banyuwangi memiliki beberapa terminal bus yang paling sering menjadi tempat pemberhentian para wisatawan. Yakni Terminal Sritanjung, Terminal Brawijaya, Terminal Jajag, dan Terminal Genteng. Dengan luas 5,782 km², tak heran jika jarak antar beberapa terminal tersebut tergolong cukup jauh.

Terminal Sritanjung berada di Desa Ketapang, wilayah Banyuwangi bagian Utara. Terminal tersebut biasanya disinggahi bus dari jalur Utara atau jalur dari Kabupaten Situbondo. Terminal Brawijaya berada di pusat kota Banyuwangi yang menghubungkan bus dan angkutan umum ke berbagai wilayah di Banyuwangi.

Transportasi menuju banyuwangi, bus akas ke banyuwangi, bus akas banyuwangi

Transportasi Bus Akas

Terminal Jajag berada di Kecamatan Jajag, sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi. Biasanya, wisatawan yang turun di terminal ini akan menuju obyek wisata di wilayah Selatan, seperti Pulau Merah, Teluk Hijau dan Pantai Sukamade. Terminal Genteng merupakan terminal di wilayah Banyuwangi bagian Barat, yang menghubungkan trayek Banyuwangi – Jember.

Pesawat ke Banyuwangi

Transportasi ke Banyuwangi terasa lengkap dengan adanya jasa penerbangan yang dibangun sejak tahun 2010 lalu. Berada di Kecamatan Rogojampi, bandara ini bernama Bandar Udara Banyuwangi, meski sebelumnya bernama Bandar Udara Blimbingsari.

pesawat terbang ke banyuwangi , pesawat terbang surabaya banyuwangi , paket wisata ke banyuwangi

Transportasi udara ke Banyuwangi

Terdapat beberapa maskapai penerbangan di Bandara Banyuwangi. Antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya dan Citilink. Berbagai maskapai tersebut melayani rute penerbangan ke Surabaya dan Jakarta, baik direct flight maupun transit di Bandara Juanda, Surabaya.
 
<<< Transportasi Ke Banyuwangi

Related Post