Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi terletakk di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Rajegwesi merupakan pintu masuk menuju kawasan Taman Nasional Meru Betiri di bagian Timur.

Pantai Rajegwesi merupakan sebuah pelabuhan bagi para nelayan. Di pinggir-pinggir pantai kita akan melihat jajaran perahu milik nelayan yang sedang parkir.Masyarakat setempat sekaligus menjadikan pantai ini sebagai tempat pelelangan ikan.

pantai rajegwesi banyuwangi

Pemandangan yang ada di pantai Rajegwesi sungguh menawan, dengan hamparan pasir yang bersih dan juga di sisi kanan terdapat tebing bebatuan kokoh. Serta pemandangan menawan dari deburan ombak yang menghantam bebatuan.

Pasir pantai Rajegwesi yang kecoklatan semakin membuat syahdu suasana pantai ini. Warna pasir kecoklatan di pantai ini merupakan sebuah endapan lumpur dari sungai-sungai saat banjir datang. Menjadikan pasirnya menjadi coklat dan bertekstur sangat lembut.

Jika datang pada waktu bersamaan dengan nelayan pulang melaut, Anda dapat menjumpai warga yang saling gotong-royong mendorong perahu ke daratan. Biasanya warga yang ikut membantu mendorong akan diberikan upah 1 atau 2 buah ikan.

Konon, penamaan pantai Rajegwesi berkaitan dengan sistem pertahanan laut yang dibangun oleh Jepang. Kata Rajeg merupakan bahasa Jawa yang berarti tiang pancang, dan kata wesi yang berarti besi. Kabarnya, Jepang menancapkan tiang pancang dari kayu jati yang setara layaknya kekuatan besi.

Rajegwesi tersebut ditanam di mulut teluk dengan formasi bersap depan belakang saling menutupi celah. Pembangunan tiang pancang tersebut dimaskudkan untuk menghadang kapal musuh agar gagal menyusup ke daratan. Sehingga memaksa kapal musuh untuk menurukan jangkar di tengah laut.

Pantai Rajegwesi berada tepat di pinggir jalan menuju Taman Nasional Meru Betiri. Dari jalan yang dapat dilalui oleh roda empat tersebut dapat terlihat pantai berpasir kecoklatan dengan deburan ombak yang memukau.

Obyek wisata Rajegwesi dapat dijangkau melalui rute yaitu :
Jember/Banyuwangi – Jajag – Pesanggaran – Desa Sarongan – Pantai Rajegwesi

Rute Menuju Pantai Rajegwesi
– Jember ke Jajag 85 km /2,5 jam
– Banyuwangi ke jajag 36 km /1 jam
– Jajag ke Rajegwesi 45 km /1,5 jam
 
<<< Destinasi Wisata Alam

Related Post