Pantai Batu

Pantai Batu

Pantai Batu

Jika menuju ke pantai teluk Hijau melalui jalur darat, wisatawan terlebih dahulu akan melewati pantai batu. Disebut demikian sebab bibir pantai ini nyaris dipenuhi oleh bebatuan dari ukuran sangat kecil hingga besar. Bahkan, wisatawan tak akan menjumpai pasir layaknya berada di sebuah pantai.

Pantai Batu Banyuwangi berada di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran. Wilayah pantai Batu ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Jarak menuju pantai Batu berkisar 82 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

Dengan karakteristik pantai Selatan yang memiliki ombak besar, deburan ombak yang menghantam bebatuan di sana sering kali menimbulkan suara yang khas. Dan jika Anda jeli memandang, beberapa bebatuan di sana ada yang berwarna hijau  atau merah.

Di pantai ini sering terlihat warga lokal yang sedang memancing dan mendapatkan banyak tangkapan ikan segar. Tak jarang pula, para pemancing yang mayoritas adalah laki-laki paruh baya itu sekaligus mengolah hasil mancing mania mereka di sana dengan cara dibakar. Wah, menarik sekali, bukan?

Akses menuju teluk hijau Banyuwangi memang tergolong menantang, karena harus melewati hutan dan pantai Batu yang menawan. Bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi wisata Teluk Ijo Banyuwangi, pantai Batu seolah pantai paling ujung dengan bukit menjulang sebagai batas.

BACA JUGA : Paket Wisata Banyuwangi 3H2M Reguler

keunikan teluk hijau, green bay packers, paket wisata teluk hijau

Wisata pantai batu di teluk hijau Banyuwangi

Lokasi Teluk Hijau Banyuwangi dari pantai Batu hanya berkisar 300 meter saja. Pantai Teluk Hijau memang agak tersembunyi karena berada di balik bukit kecil di sisi Barat pantai Batu. Tak heran, pantai Teluk Hijau sering disebut sebagai surga yang tersembunyi.

Pantai Batu Banyuwangi memiliki cerita unik. Menurut cerita masyarakat setempat, konon pantai ini memiliki pasir layaknya pantai pada umumnya. Namun sejak terjadinya tsunami yang menghantam pesisir Selatan Banyuwangi pada tahun 1994, pantai berpasir putih itu lantas dipenuhi batu-batu besar hingga kecil.

Menurut penuturan warga asli Desa Sarongan, batu-batu yang memenuhi seluruh isi teluk tersebut berasal dari lautan. Fenomena perubahan pantai di teluk tersebut semakin memperkaya destinasi wisata alam Banyuwangi.

<<< Destinasi Wisata Alam

Untuk mengetahui lebih banyak FOTO, VIDEO & TULISAN, klik icon berikut

         

Related Post