paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi yang Eksotis

Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi yang Eksotis

Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi yang Eksotis

Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi saat ini banyak dibicarakan para traveller, baik wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Pulau yang hanya memiliki luasan sekitar 5 hektar ini memang menjanjikan keindahan wisata alam Banyuwangi yang masih sangat natural. Apa keunggulan wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi ini? Silahkan baca dan simak tulisan berikut. Akses ke Pulau Tabuhan Lokasi Pulau Tabuhan Banyuwangi hanya berjarak kurang lebih 20 km ke arah utara dari pusat kota Banyuwangi. Letak Pulau Tabuhan berada di Selat Bali, tepat di tengah-tengah di antara Pulau Bali dan Banyuwangi, termasuk di dalam wilayah administratif Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Akses ke Pulau Tabuhan Banyuwangi bisa ditempuh dengan menyeberang menggunakan perahu, dari Pantai Kampe di Kecamatan Wongsorejo, dari Pantai Bangsring di Kecamatan Wongsorejo, atau Pantai Watudodol di Kecamatan Kalipuro. Kesemuanya berada di wilayah utara Kabupaten Banyuwangi. Menyeberang ke pulau Tabuhan dari daratan Banyuwangi hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit saja, dengan pemandangan laut yang sangat indah. Perahu yang digunakan biasanya adalah perahu nelayan berkapasitas 10-15 orang. Angin Tabuhan

pulau tabuhan backpacke, paket wisata pulau tabuhan,

Kite surfing dan wind surfing di pulau Tabuhan Banyuwangi

“Tabuhan” artinya “musik”, berasal dari bahasa Osing, konon dinamakan seperti itu karena di pulau ini biasanya angin bertiup cukup kencang, sehingga menimbulkan suara berisik seperti tabuhan musik. Memang di pulau ini kecepatan angin rata-rata adalah sekitar 20-25 knot, kecepatan yang cocok untuk aktifitas kitesurfing (selancar layang) dan windsurfing (selancar angin). Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah beberapa kali menyelenggarakan event kitesurfing dan windsurfing di Pulau Tabuhan. Event ini diikuti oleh peserta dari puluhan negara, dan disupport oleh sejumlah perusahaan besar di industri selancar dunia, seperti Best Kiteboarding, Huna Boards, Rip Curl, Rip Curl School of Surf, Airush, Beach Hut and Surftime, dan Freedom Kiteboarding Magazine. Surga Terumbu Karang Namun bagi sebagian besar wisatawan, tentunya menu utama wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi ini adalah aktifitas snorkeling dan berenang. Tak sedikit para penyelam scuba diving juga menjelajah laut sekitar pulau dengan hamparan terumbu karang yang indah ini. Air laut di sekitar Pulau Tabuhan sangat jernih, dengan degradasi warna mulai bening, hijau muda, biru muda, sampai biru gelap, tergantung kedalaman dan hamparan yang ada di dasarnya. Pasir pantai di pulau ini berwarna putih, sangat berbeda dengan pasir di pantai-pantai utara Banyuwangi yang biasanya berwarna gelap. Surga terumbu karang ada di sini. Di Pulau Tabuhan, snorkeling mulai dari kedalaman 2 meter, kita sudah bisa menyaksikan indahnya kebun laut dengan aneka warna serta aneka jenis terumbu karang, yang menjadi hunian ribuan spesies ikan hias yang berwarna-warni, udang karang, bunga karang, dan berbagai tumbuhan laut lainnya. Semakin dalam lautnya, makin indah dan makin bervariasi terumbu karang maupun ikan-ikannya. Aktifitas di Pulau Tabuhan

Baca juga : Open Trip Pulau Menjangan Dari Banyuwangi

trip ke pulau tabuhan, pulau tabuhan dan menjangan, paket

Paket wisata pulau Tabuhan

Dengan keindahan alam dan airnya yang jernih, Pulau Tabuhan cocok untuk berjemur, sekedar berenang di pinggir pantai, berjalan-jalan, dan mengamati flora dan fauna. Pepohonan di pulau ini tak terlalu rimbun namun cukup teduh, aneka burung bisa kita temukan di sini. Bahkan menurut kabar, beberapa wisatawan pengamat burung pernah menjumpai burung maleo, yang biasanya hanya ada di Pulau Sulawesi. Tak jarang pengunjung juga berlama-lama di pulau ini untuk bisa menyaksikan matahari terbenam, bahkan berkemah di pulau yang tak berpenghuni ini. Selain itu di pulau Tabuhan wisatawan juga bisa menyaksikan bangunan mercusuar kuno yang konon dibuat oleh penjajah Jepang. Tips Wisata Pulau Tabuhan Beberapa tips dalam berwisata ke Pulau Tabuhan:

  • Gunakanlah sunblock, agar kulit tidak terbakar.
  • Bawalah kaca mata hitam dan topi.
  • Bawalah bekal minuman yang banyak dan bekal makanan. Di Pulau Tabuhan tidak ada sumber air tawar dan tidak ada penjual makanan.
  • Saat snorkeling jangan menginjak, mematahkan, atau merusak terumbu karang. Pertumbuhan terumbu karang sangat lambat, ada yang tumbuhnya 10-15 cm pertahun, ada yang tumbuh 5-7 cm pertahun, bahkan ada yang hanya tumbuh ½ cm – 1 cm per tahun.
  • Bila berkemah, hati-hati dalam membuat api, jangan sampai membakar pohon dan tumbuhan. Pastikan api Anda benar-benar mati saat Anda meninggalkan lokasi.
  • Jangan meninggalkan sampah, selalu bawalah pulang sampah Anda sendiri.
  • Bila berjalan-jalan di pantai, hati-hati jangan menginjak babi laut, bisa menimbulkan nyeri dan adem panas.
  • Saat berenang atau snorkeling, hati-hati dengan ubur-ubur. Bila terkena ubur-ubur, kulit akan terasa perih panas terbakar.
  • Jangan meninggalkan sesuatu selain jejak, jangan mengambil sesuatu kecuali foto dan video, serta jangan membunuh sesuatu selain waktu.

Paket Wisata Pulau Tabuhan

trip ke pulau tabuhan, pulau tabuhan dan menjangan, paket

Paket wisata pulau Tabuhan

Untuk lebih mudah, lebih murah, dan lebih nyamannya dalam berwisata, disarankan sebaiknya Anda menggunakan jasa tour operator yang menyediakan Paket Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi. Salah satu tour operator yang terpercaya dalam mengelola paket wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi adalah Tour Banyuwangi. Paket Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi yang ditawarkan oleh Tour Banyuwangi harganya sangat terjangkau, dengan layanan yang profesional. Tour Banyuwangi melayani tur dalam grup besar, grup kecil, maupun tur private. Tunggu apa lagi? Silahkan order sekarang juga Paket Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi ke Tour Banyuwangi, dan nikmati eksotisnya berwisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi.

Related Post

Comments are closed.