Petik Laut Muncar Banyuwangi

Petik Laut Muncar Banyuwangi

Petik Laut Muncar Banyuwangi

Muncar adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi yang terletak di wilayah selatan, jaraknya sekitar 35 kilometer dari kota Banyuwangi, Dengan letak wilayah yang berada di pesisir pantai, tak heran mayoritas penduduk asli daerah ini adalah nelayan. Berkaitan dengan mata pencaharian penduduknya sebagai nelayan, masyarakat Muncar menyandarkan kehidupan mereka dari hasil tangkapan laut, karenanya mereka merasa wajib untuk melakukan sedekah laut sebagai bagian mengucap syukur atas berkah laut yang mereka terima, Dari sini lahirlah tradisi petik laut Muncar.

Petik laut Muncar merupakan ritual tahunan yang diadakan setiap tahun pada bulan Muharam atau Syuro dalam penanggalan Jawa, Waktu pelaksanaan petik laut tiap tahun berubah karena berdasarkan penanggalan Qamariah dan kesepakatan pihak nelayan. Biasanya digelar saat bulan purnama, karena saat itu terjadi air laut pasang sehingga nelayan tidak melaut, Inti ritual petik laut Muncar adalah melarung sesaji ke tengah samudera.

petik laut, adat petik laut, acara petik laut di muncar

petik laut muncar banyuwangi

Selain kambing, warga juga mempersiapkan aneka sesaji lainnya, seperti ayam jantan hidup, pisang raja, kemenyan berisi kapur, sirih, tembakau, serta beragam jajanan pasar, seperti jenang berwarna-warni, bubur merah-putih, dan biji-bijian. Tidak ketinggalan aneka buah-buahan, umbi-umbian, dan sayur-sayuran, kembang telon, kembang setaman, tebu hitam, serta pohon pisang dengan buahnya,Bunga-bungaan, seperti bunga mayang yang direndam dalam air di wadah kuali tanah liat dan kendi juga disertakan.

Sebelum acara petik laut , ada juga sejenis pasar malam atau festival mungkin , yang menjajakan makanan khas dan barang barang unik dari banyuwangi , pasar itu sudah buka kurang lebih 15 hari sebelum acara petik laut di mulai , pasar ini di sebut juga banyuwangi fish market festival . di sana juga menjual beberapa jenis ikan laut yang bias kalian coba , acara petik laut ini juga disebut juga puji syukur warga banyuwangi dengan penghasilannya dari hasil laut yang di hasilkan , jadi festival petik laut itu salah satu puji syukur kepada tuhan untuk hasil yang memuaskan dalam penghasilanya selama setahun ini.
 
<<< Banyuwangi Festival

Related Post