SUNRISE MENAWAN PANTAI CACALAN BANYUWANGI

SUNRISE MENAWAN PANTAI CACALAN BANYUWANGI

Alam Banyuwangi memang manakjubkan, terutama keindahan pantai-pantainya yang menawarkan view beragam, mulai dari Pantai Pulau Merah yang menampakkan gundukan tanah berwarna merah, Pantai Boom dan Pantai Cemara dengan view Pulau Bali, belum lagi pantai yang mempersembahkan sunrise sebagai pembuka hari, dan sunset sebagai penutup hari. Banyuwangi sebagai kota di ujung timur Pulau Jawa memang terkenal dengan sebutan Sunrise of Java, dan Pantai Cacalan menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise di Kota Gandrung ini.

Pantai Cacalan, dari berbagai versi cerita yang beredar, namanya diambil dari kejadian di masa lampau. Dahulu di sekitar pantai yang belum bernama, banyak ditumbuhi pohon bambu, namun pada saat pembukaan lahan pertanian, bambu-bambu itu ditebang, dipacul atau dicacal. Karena hal tersebut lah pantai ini dinamakan Pantai Cacalan. Namun cerita lain menyebutkan jika nama “Cacalan” berasal dari sejarah yang menyedihkan, dahulu tempat ini digunakan oleh tentara Belanda sebagai tempat untuk mengeksekusi para Pejuang Kerajaan Blambangan dengan cara dicacah, dipotong-potong atau dicacal sebelum mayatnya dibuang di perairan Selat Bali.

Pantai Cacalan Banyuwangi terletak di Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari pusat kota menuju ke arah Pelabuhan Ketapang atau kurang lebih 15 menit jika menggunakan kendaraan bermotor. Lokasinya yang tidak jauh dari kota serta akses jalan yang mudah, membuat tempat ini seringkali menjadi wishlist destinasi city tour Banyuwangi.
Meningkatnya kunjungan wisata di Pantai Cacalan, mengharuskan tempat ini berbenah untuk mempercantik diri dan melengkapi berbagai fasilitas untuk para pengunjung. Atas prakarsa Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) setempat, Pantai Cacalan semakin layak untuk dikunjungi, terdapat berbagai fasilitas seperti gubuk-gubuk, ayunan, lapak yang menjual berbagai makanan, minuman, dan oleh oleh, kamar mandi, mushola dll. Selain itu, pengunjung juga bisa bermain kano di rawa-rawa mangrove yang sudah disiapkan oleh pengelola, memberi makan merpati-merpati milik warga setempat, juga memberi makan ikan-ikan di kolam.

Pantai yang luar biasa menawan bukan? Pagi hari sebelum matahari terbit merupakan waktu yang paling direkomendasikan untuk berkunjung ke sini. Selain suasana yang masih tenang, tentu untuk mendapatkan view primadona, apalagi jika bukan panorama Pulau Bali yang berpadu dengan sunrise pantai Cacalan, sungguh moment yang sayang untuk dilewatkan.