10 Tempat Wisata di Banyuwangi Terpopuler

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Terpopuler

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Terpopuler

Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur menjadi salah satu magnet dalam dunia pariwisata tanah air dalam kurun waktu belakangan ini. Tak hanya menyajikan keindahan alam yang eksotis, Banyuwangi juga memilki kekayaan seni dan budaya yang mengakar di tengah-tengah masyarakat.

Tempat wisata di Banyuwangi berikut ini merupakan destinasi favorit yang patut Anda kunjungi. Tour Banyuwangi merangkumnya dalam ulasan 10 Tempat Wisata di Banyuwangi terpopuler. Jika berkunjung ke Timur pulau Jawa, jangan lewatkan 10 tempat wisata di Banyuwangi ini ya…

1. Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi memiliki danau kawah aktif dari gunung Ijen dengan panorama fantastis dan sayang jika dilewatkan. Bagi pengunjung yang melakukan pendakian pada malam hari, Anda akan melihat indahnya blue fire atau api biru dari dapur kawah.

paket tour kawah ijen banyuwangi, paket tour ijen, paket wisata blue fire kawah ijen

Wisata Kawah Ijen

Fenomena api biru Kawah Ijen terjadi karena terbakarnya gas panas sulfatara yang keluar dari permukaan bumi. Fenomena blue fire hanya terjadi di Kawah Ijen Banyuwangi Indonesia dan Danakil Depression Ethiopia. Anda sekaligus dapat melihat aktivitas para penambang belerang yang memikul puluhan kilogram bongkahan belerang dari dapur kawah hingga ke puncak.

2. Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi merupakan pantai berpasir putih kemerah-merahan yang berada di Kecamatan Pesanggaran. Pantai Pulau Merah menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang memiliki kunjungan wisatawan terpadat ketika hari libur tiba.

pulau merah banyuwangi jawa timur, paket wisata pulau merah banyuwangi, tempat wisata pulau merah

Wisata Pulau Merah

Pantai Pulau Merah memiliki keindahan panorama sunset atau matahari tenggelam yang mempesona. Kemegahan sebuah pulau di tengah-tengah laut pun menjadi ciri khas pantai ini dan menjadi spot selfie menarik bagi para wisatawan.

3. Kampong Kopi Lerek Gombengsari

Kampong Kopi Lerek Gombengsari menawarkan wisata kebun kopi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro, Anda akan diajak berkeliling kebun kopi.

kopi banyuwangi, kopi lanang banyuwangi, kopi khas banyuwangi

Wisata kebun kopi di Kopi Lerek Gombengsari

Di Kampong Kopi Lerek Gombengsari, pengunjung sekaligus diajak mengenal jenis-jenis kopi, memetik kopi (saat panen), belajar memproses kopi secara tradisional (menyangrai, menumbuk, sampai menyeduh), memerah susu kambing etawa, dan memberi minum anak kambing menggunakan dot.

4. Bangsring Underwater Banyuwangi

Banyuwangi punya wisata underwater atau bawah laut yang wajib Anda Kunjungi, yakni wisata Bangsring Underwater. Berada di Kecamatan Wongsorejo, wisata pantai ini memiliki daya tarik sebuah rumah apung dengan beberapa keramba ikan. Selain dapat snorkeling melihat keindahan terumbu karang dengan ratusan ikan berwarna-warni, pengunjung dapat menguji nyali dengan berenang bersama ikan hiu di dalam keramba.

bangsring banyuwangi, rumah apung bangsring, pantai bangsring banyuwangi

Bangsring Underwater Banyuwangi

5. Teluk Hijau Banyuwangi

Teluk Hijau Banyuwangi  yang sering juga disebut Green Bay berada di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran. Lokasi teluk ini berada di area Taman Nasioanal Meru Betiri dengan jarak sekitar 83 Kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Meski memiliki waktu tempuh yang cukup lama, namun wisatawan bakal terkesima dengan keindahan pantainya.

wisata teluk ijo di banyuwangi, paket wisata teluk hijau banyuwangi, green bay beach banyuwangi

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi diibaratkan bagai surga yang tersembunyi. Sebab pantai ini memiliki keindahan pasir putih dengan air bening berwarna hijau tosca. Dengan karakteristik sebuah teluk, ombak di Teluk Ijo ini tergolong aman untuk aktifitas berenang maupun snorkeling.

6. Air Terjun Jagir

Air terjun Jagir Banyuwangi menawarkan pesona kesegaran air pegunungan yang mudah dijangkau dari pusat kota Banyuwangi. Hanya dengan jarak 12 Kilometer, Anda dapat berekreasi dan merasakan segarnya air terjun di Kecamatan Glagah ini. Air Terjun Jagir memiliki ketinggian sekitar tiga meter dan ceruk yang sangat cocok untuk berenang bersama keluarga dan kerabat.

air terjun jagir jagir di banyuwangi, air terjun banyuwangi, obyek wisata banyuwangi

Air terjun Jagir / sumber: instagram @jun_photograph28

7. Taman Nasional Baluran

Jika sedang berada di Kabupaten Banyuwangi, jangan lewatkan untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran. Taman nasional di ujung timur pulau Jawa ini memiliki julukan Little Africa van Java. Disebut demikian sebab terbentang padang savana luas dengan berbagai habitat flora fauna di dalamnya.

Padang savana alami terluas di pulau Jawa tersebut bernama savana Bekol. Taman Nasional Baluran makin terlihat eksotis ketika tumbuhan di sana sedang meranggas dengan padang rumput yang menguning. Wisatawan dapat pula bertemu dengan segerombolan rusa, banteng Jawa, kerbau liar, kera yang berkeliaran di alam bebas.

paket wisata baluran banyuwangi, baluran banyuwangi jawa timur, tour baluran

Taman Nasional Baluran

8. Desa Balak Songgon Banyuwangi

Desa Balak merupakan desa berumur sekitar 150 tahun yang berada di Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Desa ini berdiri saat Banyuwangi masih berbentuk kerajaan Blambangan. Desa Balak memiliki kelompok kesenian tradisional dengan penampilan barong Osing serta perkusi.

Dalam paket wisata di Desa Balak, wisatawan bakal dihibur dengan kesenian tradisional dan kontemporer oleh anak-anak muda desa. Tak hanya itu, Anda dapat merasakan nikmatnya suasana pedesaan sembari ngopi dan menikmati jajanan desa.

Baca juga: Desa Balak, Desa Wisata Banyuwangi

9. Pulau Tabuhan Banyuwangi

Keindahan alam di Pulau Tabuhan Banyuwangi tak perlu diragukan lagi. Wisatawan akan dibuat terkesima melihat sebuah pulau berpasir putih dengan air laut yang super bening. Tak hanya itu, dengan latar pegunungan Ijen dan Baluran, jangan heran kalau tempat ini sangat instagramable.

paket pulau tabuhan, paket tour banyuwangi ke pulau tabuhan, pulau tabuhan kabupaten banyuwangi jawa timur

Pulau Tabuhan

10. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan sangat cocok bagi Anda pecinta dunia bawah laut atau underwater. Di sana, wisatawan bakal menjumpai hamparan terumbu karang yang berwarna-warni dengan ratusan ikan yang berenang di lautan lepas. Tak hanya itu, keindahan pulau ini semakin terasa unik dengan kehadiran hewan menjangan atau rusa di areal pulau tersebut

paket wisata pulau menjangan, trip pulau menjangan, tour pulau menjangan

Pulau Menjangan

Related Post