paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Terumbu Karang Bangsring

Terumbu Karang Bangsring

Terumbu Karang Bangsring

Terumbu Karang, Desa Bangsring, Wisata Bangsring

Terumbu Karang adalah sekelompok ekosistem di bawah laut yang terdiri dari binatang karang dan tumbuhan alga, tumbuhan tersebut yang biasa disebut dengan zooxanhellae. Terumbu Karang pun memiliki 2 kata, yang mana dari ke 2 kata ini Terumbu Karang akan memiliki makna yang jauh berbeda jika dipisah, yaitu dari terumbu dan karang. Terumbu adalah Endapan masif batu kapur (limestone), terutama kalsium karbonat (CaCO3), yang utamanya dihasilkan oleh hewan karang dan biota- biota lain yang mensekresi kapur, seperti alga berkapur dan moluska. Karang adalah Karang batu (stony coral), yaitu hewan dari Ordo Scleractinia, yang mampu mensekresi CaCO3. Hewan karang tunggal umumnya disebut polip. Itu sedikit uraian perbedaan jika Terumbu dan Karang dipisah tersendiri dalam 2 makna.

 

Kembali pada pembahasan pengertian Terumbu Karang, terdiri dari Binatang. Binatang karang juga berbentuk aneh, seperti batu dan mempunyai banyak macam rupa serta dapat menghasilkan CaCO3. Dan binatang ini disebut Polip, karena binatang ini merupakan pembentuk utama terumbu karang yang akan menghasilkan zat kapur. Di bawah laut, binatang dan tumbuhan akan membentuk sebuah ekosistem yang menjadi habitat berbagai ekosistem penting dan sebagai pusat keanekaragaman hayati yang indah. Di dalam ekosistem tsb, juga terdapat banyak makanan untuk ikan-ikan kecil dan tidak menutup kemungkinan ikan-ikan akan menjadi santapan utama para predator yang lebih besar.

Terumbu karang biasanya hidup di tepi pantai/lautan yang masih terkena cahaya matahari 21-30C atau sekitar 50 m di bawah permukaan laut, namun ada beberapa tipe terumbu karang yang bisa hidup jauh di dalam laut dan tidak memerlukan cahaya. Dan sebagian besar ekosistem terumbu karang terdapat di perairan tropis, sensitif pada perubahan suhu lingkungan, salinitas, sedimentasi,

Ada beberapa tempat untuk Terumbu Karang dapat hidup, yakni di Pantai Timur Afrika, Laut Merah, India Selatan, Pantai Florida, Karibia, Brasil dan hingga lepas pantai timur laut dan barat. Namun Terumbu Karang yang terbesar adalah berada di lepas pantai timur Laut Australis lebih tepatnya di Great Barier Reef dengan panjang 2000km.

Terumbu Karang, dia dapat memberi dampak positif, dia dapat menjadi sumber makanan dan obat-obatan , selain itu Terumbu Karang dapat melindungi pantai dari abrasi. Terumbu Karang juga berfungsi memberikan perlindungan untuk binatang dalam habitatnya. Contohnya, Ubur-ubur, Bintang Laut, Kura-kura, Gurita, dll. Dan pada jaman sekarang, pariwisata sedang menyorot pantai yang terdapat Terumbu Karang untuk dilestarikan, karena menurut masyarakat, ini akan mendatangkan keuntungkan untuk masyarakat yang ikut melestarikan. Seperti yang berada di Banyuwangi, yakni di Bangsring Underwater dan Pulau Tabuhan.

Related Post

Comments are closed.