paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Taman Baluran Banyuwangi Afrikanya Indonesia

Taman Baluran Banyuwangi Afrikanya Indonesia

Taman Baluran Banyuwangi Afrikanya Indonesia

Ingin merasakan eksotisnya padang savana? Ingin menikmati lebatnya hujan tropis? Tak perlu jauh-jauh ke Afrika, cukup datang ke Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi.

Baluran National Park atau Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai Africa van Java atau little Africa. Ya, tak salah bila taman nasional ini seringkali disebut sebagai Afrika-nya Jawa. Karena alam serta flora dan fauna di sini sekilas memang mirip dengan kondisi alam Afrika, seperti yang sering kita lihat di televisi.

Wisata Baluran National Park seluas 25 ribu hektar ini berada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Namun sebenarnya lokasi ini lebih dekat dengan kota Banyuwangi, hanya sekitar 35 km dari kota Banyuwangi ke arah utara, sedangkan dari Kota Situbondo jaraknya masih lebih dari 60 km.

Karena letaknya yang tepat berada di perbatasan dua kabupaten itulah, maka sebagian orang menyebutnya sebagai Wisata Baluran Banyuwangi, sementara sebagian yang lain menyebutnya Wisata Baluran Situbondo.

taman wisata baluran, open trip baluran, paket wisata banyuwangi

Paket tour baluran

Konservasi Satwa Liar

Taman Nasional Baluran adalah area konservasi flora dan fauna, khususnya untuk jenis-jenis satwa mamalia besar, terutama bagi banteng Jawa (Bos javanicus javanicus) yang terancam punah.

Populasi banteng di Baluran saat ini tinggal tersisa sekitar 30 ekor, sementara di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi masih agak lebih banyak, yaitu sekitar 80 ekor. Populasi ini sangat menurun jika dibandingkan tahun 90-an yang masih mencapai ratusan ekor di masing-masing taman nasional.

Selain banteng Jawa, di Baluran masih terdapat lebih dari 25 jenis mamalia, di antaranya adalah macan tutul (Panthera pardus melas), kerbau liar (Bubalus bubalis), kucing bakau (Prionailurus viverrinus), ajag (Cuon alpinus javanicus), kera abu-abu (Macaca fascicularis), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), dan rusa (Cervus timorensis russa).

Baca juga : Open Trip Ijen Baluran Menjangan, Tour Banyuwangi Murah

Selain itu, di sini juga terdapat sekitar 155 jenis burung, seperti burung merak (Pavo muticus), layang-layang api (Hirundo rustica), burung rangkong (Buceros rhinoceros), bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), tuwuk asia (Eudynamys scolopacea), kangkareng (Anthracoceros convecus), dan ayam hutan merah (Gallus gallus).

wisata baluran banyuwangi, paket tour baluran, paket wisata banyuwangi

Burung Merak Taman Nasional Baluran

alas baluran banyuwangi, baluran africa van java, paket tour banyuwangi

Kijang Baluran National Park

Padang Savana

Wisata Baluran National Park memiliki primadona yaitu savana Bekol yang indah, sebuah padang savana alami terluas di pulau Jawa, seluas kurang lebih 300 hektar, dengan latar belakang pemandangan gunung Baluran yang gagah menjulang. Di savana Bekol kita bisa menyaksikan aneka satwa liar beraktifitas di alam, inilah pemandangan ala Afrika, surganya para fotografer.

Rusa, kijang, kerbau liar, burung merak, kera abu-abu, dengan mudah bisa kita jumpai di savana Bekol, khususnya pada pagi atau sore hari, saat mereka mencari makan dan minum. Bila mujur, kita bisa bertemu pula dengan macan tutul atau macan kumbang di sana.

Untuk menyaksikan panorama yang lebih mengesankan, kita bisa naik ke menara pandang di bukit belakang Pos Bekol. Dari atas menara pandang ini terlihat pemandangan indah seluruh Savana Bekol, Gunung Baluran, dan Pantai Bama di kejauhan.

tour baluran kawah ijen, paket tour baluran, baluran banyuwangi

Paket Wisata Baluran National Park

tour baluran kawah ijen, paket tour baluran, baluran banyuwangi

Open trip Baluran

Wisata Pantai

Kurang lebih 3 km dari Savana Bekol terdapat Pantai Bama. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah, dikelilingi hutan mangrove yang cukup rimbun, habitat alami bagi beraneka jenis burung dan primata. Di pantai Bama, kadang kita bisa saksikan atraksi menarik, kera abu-abu memancing ikan dengan menggunakan ekornya.

Keindahan pesona panorama bawah laut juga bisa kita jumpai di Pantai Bama. Kita dapat berenang dan snorkeling untuk menikmati eksotisnya aneka terumbu karang dan beragam jenis ikan hias.

Ada lagi pantai Sijile dan pantai Bilik di sebelah utara Taman Nasional Baluran, yang dapat ditempuh dengan perahu atau melalui jalur darat. Pesona panorama bawah lautnya juga indah, dengan suasana pantai yang demikian sunyi dan damai. Selain itu, masih ada lagi Pantai Kajang dan Pantai Balanan, yang juga sering dikunjungi wisatawan, terutama saat musim liburan sekolah.

wisata baluran jawa timur, backpacker baluran banyuwangi

Wisata pantai Bama Baluran

Baca juga : Keeksotisan Pantai Bangsring Banyuwangi

Potensi Minat Khusus

Masih banyak lagi potensi wisata Baluran Situbondo bagi mereka yang memiliki minat khusus. Contohnya, bagi penggemar petualangan bisa menjajal Curah Tangis, tebing karst untuk berkegiatan panjat tebing. Ada lagi Manting dan Air Kacip, sumber mata air yang menjadi habitat macan tutul, berada di Gunung Baluran dengan ketinggian 1.240 meter diatas permukaan laut.

Di Baluran juga terdapat goa bersejarah peninggalan Jepang. Goa seluas 13 meter persegi ini dulu berfungsi sebagai gudang amunisi dan benteng pertahanan, terletak di dekat pintu masuk Baluran Nasional Park.

Untuk lokasi wisata budaya, ada Candi Bang. Di sini terdapat makam dua orang bangsawan kerajaan Majapahit, yaitu makam Sayyid Abdullah dan Potre Koneng Siti Fatimah, yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Pada bulan Suro dan waktu-waktu tertentu, banyak orang berpeziarah ke sini.

Tips Berwisata di Baluran

  • Sebaiknya membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup, karena di Baluran hanya tersedia sebuah kantin di Pantai Bama.
  • Buanglah sampah di tempat sampah. Apabila jauh dari tempat sampah, maka sampah kita wajib kita bawa sendiri.
  • Jangan memberi makan satwa liar. Ini akan membuat satwa liar ketergantungan mengharapkan makanan dari pengunjung.
  • Hati-hati bila membawa tas plastik (kresek), karena biasanya kera abu-abu suka merampasnya, karena dianggap makanan.
  • Waspada dan berhati-hatilah dalam membawa serta meletakkan barang-barang yang sekiranya bisa diambil oleh kera, seperti dompet, tas kecil, kamera, atau handphone.
  • Bila ingin bermalam, kita bisa berkemah atau menginap di pondok yang tersedia. Silahkan hubungi kantor Taman Nasional Baluran terlebih dahulu.
  • Bila menginap di Baluran, apabila tidak urgen, sebaiknya jangan berkendaraan di malam hari. Suara dan lampu kendaraan akan mengganggu satwa liar.
  • Jangan membuat suara gaduh dan bising yang bisa mengganggu ketenangan satwa.
  • Jangan membuat api unggun, jangan merusak, jangan mengganggu, serta jangan berburu flora dan fauna
  • Jangan mengambil apapun selain foto dan video, jangan meninggalkan apapun selain jejak, jangan membunuh apapun selain waktu.

Paket Wisata Baluran

Agar lebih nyaman, lebih mudah, dan lebih murah dalam berwisata ke Baluran, disarankan sebaiknya gunakanlah jasa tour operator. Tour Banyuwangi adalah salah satu tour operator yang memiliki alternatif-alternatif pilihan terbaik untuk paket-paket Wisata Baluran National Park.

Paket Wisata Baluran National Park ditawarkan oleh Tour Banyuwangi dengan harga yang bersahabat. Tour Banyuwangi memfasilitasi tur dalam grup besar, grup kecil, maupun private.

Berminat untuk berwisata ke Taman Nasional Baluran? Silahkan order Paket Wisata Baluran National Park sekarang juga ke Tour Banyuwangi. Nikmati eksotisnya Africa van Java di Taman Nasional Baluran

Related Post

2 thoughts on “Taman Baluran Banyuwangi Afrikanya Indonesia

  1. Pingback: 4cyn5et4m5t94c5t9m4vn54cx65

  2. Pingback: http://falschgeldkaufen.blogspot.com/2017/01/wo-kann-ich-falschgeld-kaufen.html