Kampong Durian Songgon – Desa Balak

Kampong Durian Songgon – Desa Balak

Kampong Durian Songgon – Desa Balak

Wisata Songgon Banyuwangi saat ini makin meningkat popularitasnya. Kecamatan Songgon berada di kaki Gunung Raung, lokasinya terletak di sebelah barat kota Banyuwangi, dan memang memiliki kekayaan potensi wisata, walaupun masih banyak yang sampai sekarang belum dikelola.

Wisata di Songgon Banyuwangi sangat beragam. Mulai dari wisata alam Banyuwangi, wisata kuliner Banyuwangi, wisata edukasi Banyuwangi, wisata budaya Banyuwangi, agrowisata Banyuwangi, sampai wisata heritage dan sejarah Banyuwangi, semua ada di kecamatan yang terdiri dari 9 desa ini.

Wisata budaya banyuwangi, desa balak songgon

Desa Balak, Tempat wisata budaya Banyuwangi

Belasan air terjun, sungai, mata air dan danau, hutan pinus, perkebunan, panorama alam yang indah, gua-gua bersejarah, aneka kesenian tradisional, wisata petualangan dan arung jeram, sampai beraneka jenis potensi wisata agro, membuat kunjungan wisata ke kecamatan ini makin diminati wisatawan.

BACA JUGA : Paket Gathering Kantor di Banyuwangi 1 Hari 1 Malam

Wisata Durian Banyuwangi

Kampung durian Banyuwangi, demikian julukan kecamatan Songgon. Walau ada sekian banyak potensi wisata, ternyata wisata durian Banyuwangi di Songgon menjadi wisata terfavorit dan paling terkenal. Bagaimana tidak, memang di kecamatan ini terdapat puluhan ribu pohon durian yang tumbuh di lahan-lahan dengan luasan total sekitar 465 hektar.

Kampung durian banyuwangi, desa balak songgon

Kampung durian banyuwangi

Beraneka jenis durian tumbuh di Songgon. Antara lain durian sipulot, lekit, mentega, si kasur, si klopo, durian boneng, durian kuning, durian pelangi, durian oranye, sampai durian merah yang konon memiliki lebih dari 65 varian. Selain dimakan langsung buahnya, kita juga bisa menikmati berbagai produk turunan durian, seperti  ketan durian, kopi durian, dan durian bakar.

Wisata Budaya Banyuwangi

Desa Balak adalah salah satu desa di Kecamatan Songgon, yang telah tertulis dalam catatan sejarah ada sejak tahun 1718. Desa tua ini memiliki beragam potensi. Selain wisata durian Banyuwangi, di desa ini terdapat potensi wisata budaya Banyuwangi berupa kesenian tradisional, wisata sejarah gua-gua peninggalan kerajaan Blambangan, dan wisata kuliner aneka makanan khas Banyuwangi.

Wisata budaya banyuwangi, songgon banyuwangi

Penampilan Balak Ethnic Percussion

Dalam aktivitas wisata di Desa Balak ini, paket yang ditawarkan antara lain yaitu pesta makan durian, menyaksikan pilihan kesenian tradisional seperti tari gandrung, tari jaran goyang, kesenian barong Osing, kesenian gamelan serta perkusi tradisional musik patrol dan kuntulan, yang diselingi dengan coffee break, lunch, atau dinner.

Wisata di Songgon Banyuwangi Desa Balak menjanjikan aneka aktivitas unik dan menarik yang tentunya mengesankan bagi wisatawan. Maka tunggu apalagi…? Silahkan segera order ke Tour Banyuwangi, nikmatilah sensasi berwisata ke Banyuwangi.

<<< Destinasi Desa/Kampong

Untuk mengetahui lebih banyak FOTO, VIDEO & TULISAN, klik icon berikut

         

Related Post