paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Kampong Kopi Gombengsari, Wisata Kebun Kopi Banyuwangi

Kampong Kopi Gombengsari, Wisata Kebun Kopi Banyuwangi

Kampong Kopi Gombengsari, Wisata Kebun Kopi Banyuwangi

Kampong Kopi Gombengsari terletak di kaki gunung Ijen. Kelurahan ini memiliki potensi kekayaan berupa ribuan hektar kebun kopi dan ratusan peternakan kambing etawa milik warga.

Nenek moyang warga kampung ini adalah pekerja di perkebunan kopi Kaliklatak milik Belanda, yang kemudian membuka perkampungan di luar perkebunan, keturunan-keturunan mereka akhirnya mulai ikut menanam kopi di lahan-lahan di kampung.

Sedangkan untuk kambing etawa dipelihara warga, susunya untuk diperah dan dijual, kotoran kambing dimanfaatkan warga sebagai pupuk untuk tanaman kopi.

Dulunya warga hanya mampu menjual produk kopi (berupa green bean) pada tengkulak dengan harga sangat murah, sehingga bertani kopi menjadi kurang menguntungkan.

Akibatnya banyak anak muda kampung yang tidak lagi tertarik mengurus kebun kopi, mereka lebih memilih keluar kampung, bekerja di kota, bahkan pergi ke bali.

Sejak dikembangkannya aktivitas wisata di kampung ini mulai November 2015, warga kampung bisa meningkatkan kesejahteraan dari penjualan paket wisata dan penjualan kopi bubuk kepada wisatawan dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding penjualan berupa kopi green bean.

KOPILEGO, GOMBENGSARI

Kopilego (Kampong Kopi Lerek Gombengsari) adalah brand untuk aktivitas wisata di diawali di lingkungan (dusun) Lerek kelurahan Gombengsari. Kampung ini disupport dengan program pendampingan masyarakat oleh komunitas pergerakan HIDORA (Hiduplah Indonesia Raya) sejak bulan November 2015.

Bentuk wisata di Kopilego ini berupa tour keliling kebun kopi, mengenal jenis-jenis kopi, petik kopi (saat panen), belajar memproses kopi secara tradisional (sangrai, menumbuk, sampai menyeduh), perah susu kambing, memberi minum anak kambing dengan dot. Selain itu terdapat pula kesenian masyarakat berupa musik patrol dan sepak bola api.

KAHYANGAN, GOMBENGSARI

 

Kampong Kahyangan (Kacangan) merupakan lingkungan (dusun) kedua di Kelurahan Gombengsari yang disupport oleh komunitas pergerakan HIDORA (Hiduplah Indonesia Raya) dalam bentuk program pendampingan masyarakat.

Bentuk wisata di Kampong Kacangan ini berupa tour kebun kopi, petik kopi (saat panen), belajar memproses kopi secara tradisional (sangrai, tumbuk, sampai seduh), tour berkuda keliling kebun kopi, tour untuk melihat sunrise atau menyaksikan pemandangan kota Banyuwangi dari bukit Puncak Asmara, yang bisa dikombinasikan dengan wisata kuliner makan siang dan coffee break.

 

 

Related Post