10 wisata pantai di Banyuwangi Ini Cocok untuk rekreasi bareng keluarga

10 wisata pantai di Banyuwangi Ini Cocok untuk rekreasi bareng keluarga

10 wisata pantai di Banyuwangi Ini Cocok untuk rekreasi bareng keluarga

Liburan ke Banyuwangi jangan lewatkan berbagai vitamin sea dari kemolekan deretan pesisir pantainya. Mulai dari ujung Utara hingga Selatan, Banyuwangi punya bentang pantai yang wajib masuk wishlist rencana liburan Anda.

Tour Banyuwangi merangkumnya dalam 10 wisata pantai di Banyuwangi yang sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Jangan sampai ketinggalan informasinya ya..

1. Pantai Pulau Merah Banyuwangi; Saksikan sunset dengan panorama pulau di tengah laut

Pantai Pulau Merah Banyuwangi merupakan pantai dengan panorama sunset atau matahari tenggelam yang eksotis. Hamparan pasir putih kemerah-merahan yang bertemu dengan sinar matahari sore menjadikan pantai ini wajib masuk daftar wishlist liburan Anda.

Lokasi Pulau Merah Banyuwangi berada di Kecamatan Pesanggaran. Dengan karakteristik laut Selatan, pantai Pulau Merah memiliki ombak yang sangat indah. Tak jarang, pantai ini dijadikan tempat para surfer atau peselancar untuk berlatih di pagi maupun sore hari.

tempat wisata pulau merah, pulau merah indonesia, misteri pulau merah banyuwangi

Wisata Pulau Merah / IG: @pulaumerahbwi

2. Pantai Bama Baluran; Asyiknya snorkeling di tengah lautan

Pantai Bama Baluran merupakan tempat yang asyik untuk menyaksikan keindahan mata hari terbit. Pantai Bama terletak di kawasan Taman Nasional Baluran, yakni taman nasional di ujung Timur pulau Jawa.

pantai bama jawa timur, pantai bama baluran, deskripsi pantai bama baluran

Pantai Bama Baluran / IG: @ijentourism

Keindahan pantai Bama Baluran tercermin dari pasir pantai yang putih dengan ciri khas ombak yang tenang. Di tengah laut pantai Bama, pengunjung dapat menyelami keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang yang berwarna-warni. Dan tak kalah unik, jika beruntung Anda dapat menyaksikan atraksi monyet abu-abu yang menangkap ikan dengan ekor panjangnya.

3. Pulau Tabuhan Banyuwangi; Pantai kece untuk ber-selfie ria

Pulau Tabuhan Banyuwangi menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Bagi Anda pecinta selfie, Pulau Tabuhan sangat cocok untuk berswafoto bareng sahabat dan keluarga.

pulau tabuhan snorkeling, biaya ke pulau tabuhan banyuwangi, wisata pulau tabuhan banyuwangi

Pulau Tabuhan

ePasalnya, pulau seluas lima hektare ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Selain dimanjakan dengan pasir pantai putih yang lembut, pulau Tabuhan memiliki air bening berwarna hijau tosca. Tak hanya itu, foto Anda bakal tampak kece dengan latar belakang pemandangan gunung Baluran dan deretan pegunungan Ijen.

4. Pantai Bangsring Banyuwangi; Berani renang bersama ikan hiu?

Pantai Bangsring Banyuwangi sangat cocok bagi Anda pecinta keindahan underwater atau bawah laut. Bangsring Underwater berada di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi wilayah Utara. Pantai ini memiliki sebuah rumah apung yang dapat dikunjungi para wisatawan.

Wisatawan dapat mengekplorasi keindahan bawah laut dengan berenang bersama ratusan ikan di laut lepas. Selain itu, di lokasi rumahh apung Bangsring tersebut terdapat kolam keramba berisi anakan ikan hiu. Pengunjung dapat menguji nyali dengan berenang bersama beberapa anakan ikan hiu tersebut.

bangsring banyuwangi, rumah apung bangsring, pantai bangsring banyuwangi

Rumah Apung Bangsring

5. Pantai Wedi Ireng; Vitamin sea ala Banyuwangi

Wedi Ireng merupakan bahasa Jawa yang berarti pasir hitam. Uniknya, pasir di pantai ini berwarna putih kekuningan. Namun jika diperhartikan lebih jeli, butir-butir pasir hitam dapat Anda jumpai di antara pasir putih tersebut.

Keindahan pantai Wedi Ireng tak perlu diragukan lagi, sebab pantai ini memiliki gradasi warna air laut yang menarik. Dari warna hijau tosca, kebiruan, hingga biru legam. Lokasi pantai Wedi Ireng berada di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran.

wisata wedi ireng asli, wisata wedi ireng, tempat wisata wedi ireng di banyuwangi

Pantai Wedi Ireng / IG: @anufaika

6. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan menyimpan kekayaan flora dan fauna yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, pulau seluas enam ribu hektar ini memiliki puluhan bernama menjangan. Tak hanya memiliki potensi daratan yang eksotis, bentang pantai di pulau ini menghadirkan panorama yang sangat indah.

wisata pulau menjangan, pulau menjangan besar, pulau menjangan snorkeling

Pulau Menjangan

Pasir pantai Pulau Menjangan yang berwarna putih terasa makin sempurna dengan keindahan bawah lautnya.  Wisatawan dapat ber-snorkeling maupun diving dan menyaksikan kemegahan terumbu karang yang berwarna-warni. Lokasi snorkeling spot pulau Menjangan berjarak sekitar satu jam dari pantai Bangsring Banyuwangi.

7. Teluk Hijau Banyuwangi; Menikmati alam Green Banyuwangi

Teluk Hijau atau biasa disebut Green Bay merupakan pantai tersembunyi di balik perbukitan. Keindahan pasir putih dengan jernihnya air laut membuatnya dijuluki sebagai surga yang tersembunyi. Dengan karakteristik sebuah teluk, ombak di pantai ini cenderung tenang.

teluk ijo di banyuwangi, teluk ijo bwi, pantai teluk ijo banyuwangi

Teluk Hijau / IG: @winaryo_lulusingbudi

Teluk Hijau menjadi salah satu wisata pantai di Banyuwangi yang menarik banyak pelancong dari berbagai daerah. Sebelum mencapai Teluk Hijau, pengunjung akan terlebih dulu melewati pantai dengan bebatuan yang sangat unik. Lokasi Teluk Hijau berada di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran, sekitar 29 kilometer dari Pulau Merah Banyuwangi.

8. Pantai Sukamade; Konservasi penyu di ujung Barat Banyuwangi

Pantai Sukamade menjadi salah satu Triangle Diamond atau Segitiga Berlian bagi Kabupaten Banyuwangi. Berlokasi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pantai Sukamade menjadi magnet bagi turis mancanegara yang antusias ingin menyaksikan penyu mendarat.

sukamade, sukamade banyuwangi, pantai sukamade banyuwangi

Melepas anak Penyu di Sukomade / IG: @mampirbanyuwangi

Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung penyu betina bertelur saat malam hari. Biasanya penyu betina yang akan bertelur mulai mendarat di pantai Sukomade sekitar pukul 10.30 WIB dan kembali ke laut pada 01.00 WIB.Pengunjung dapat menyaksikan proses pengamatan penyu bertelur pada bulan November hingga Maret. Selain itu, Anda dapat mengikuti pelepasan tukik ke laut lepas.

9. Pulau Santen; Saksikan keindahan sunrise di pulau ini

Memiliki deretan pohon santen, pulau seluas 8,5 hektare ini dijuluki dengan nama serupa, yakni Pulau Santen. Jaraknya yang dekat dari pusat kota, hanya sekitar lima menit, menjadikan pulau ini sebagai wisata pantai di Banyuwangi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Berbatasan langsung dengan Selat Bali, Anda dapat menyaksikan keindahan sunrise atau matahari terbit dengan pemandangan nelayan yang pulang melaut. Selain itu, gerbang menuju pulau ini dipercantik dengan bentangan sebuah jembatan dengan panorama mangrove yang berderet rapi. Pulau Santen berada di Desa Karangrejo Kecamatan Banyuwangi.

pulau santen banyuwangi, wisata pulau santen banyuwangi, lokasi pulau santen

Sunrise di Pulau Santen

10. Grand Watu Dodol

Grand Watu Dodol Banyuwangi atau GWD Banyuwangi berlokasi strategis tepat di pinggir jalan jalur Situbondo Banyuwangi. GWD menjadi salah satu wisata pantai di Banyuwangi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama di akhir pekan.

grand watu dodol, wisata grand watu dodol, GWD banyuwangi

Grand Watu Dodol Banyuwangi / IG: @ghiselda_dean

Dengan karakteristik pantai Utara, pasir di pantai GWD berwarna hitam legam. Namun uniknya, pasir tersebut didominasi oleh banyaknya kerang berwarna putih dengan berbagai bentuk. Tak jarang, pengunjung lebih nyaman untuk melepas alas kaki untuk tujuan relaksasi. Wisata Grand Watu Dodol juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan gazebo untuk beristirahat.

Related Post