paket wisata banyuwangi, paket tour banyuwangi

Menikmati Surga Bawah Laut Wisata Pulau Menjangan dari Banyuwangi

Menikmati Surga Bawah Laut Wisata Pulau Menjangan dari Banyuwangi

Menikmati Surga Bawah Laut Wisata Pulau Menjangan dari Banyuwangi

Wisata Pulau Menjangan dari Banyuwangi saat ini makin populer di kalangan wisatawan. Pulau ini sebenarnya bagian dari Taman Nasional Bali Barat, namun karena sekarang cukup banyak wisatawan yang mengaksesnya melalui Banyuwangi, sehingga tak jarang disebut sebagai wisata Pulau Menjangan Banyuwangi.

Pulau Menjangan dari Banyuwangi bisa dicapai dengan menyeberang melalui Pantai Watudodol atau Pantai Kampe, menggunakan perahu. Letak Pulau Menjangan masuk di wilayah Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, sekitar 10 km di lepas pantai barat laut Bali.

Mengapa dinamakan sebagai Pulau Menjangan? Karena memang di pulau yang tidak berpenghuni ini terdapat populasi satwa menjangan (Cervus timorensis), yang hidup liar di alam. Terkadang di sana kita bisa menjumpai aktifitas kelompok menjangan ini berenang di pantai.

[wp-svg-icons icon=”tag” wrap=”b”] Baca juga : Open Trip Pulau Menjangan Dari Banyuwangi

Sorga Bawah Air

paket pulau menjangan, travel pulau menjangan, harga paket wisata pulau menjangan

Pulau Menjangan snorkeling

Wisata Pulau Menjangan memiliki sejuta pesona, terutama suguhan eksotisnya taman bawah laut, berupa ekosistem terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Ini menyebabkan wisata Pulau Menjangan diminati oleh para pencinta snorkeling maupun diving.

Laut di Pulau Menjangan Bali Barat sangat jernih. Berbagai spot untuk kegiatan snorkeling memiliki ombak yang tenang dan tidak terlalu dalam. Sangat ideal untuk menyaksikan indahnya hamparan hutan terumbu karang dengan ikan hiasnya yang berwarna-warni.

Bagi pencinta diving, menyelam di Pulau Menjangan menjanjikan pengalaman sangat mengesankan. Setidaknya ada sekitar 10 spot selam terfavorit, di antaranya Coral Garden, Mangroove Point, Underwater Cave, Dream Wall, Bat Cave, Secret Bay, Anchor Wreck, dan Eel Garden.

pulau menjangan map, paket liburan pulau menjangan, alamat pulau menjangan

Travel pulau Menjangan

Tebing dan Gua Laut

Wall diving, atau menyelam mengikuti jalur tebing bawah laut, merupakan salah satu potensi yang terkenal dalam wisata Pulau Menjangan. Di sana terdapat tebing-tebing bawah laut yang memiliki kedalaman 20 sampai 60 meter, bahkan lebih.

Banyak terdapat gua-gua besar dan kecil pada formasi terumbu karang yang mengelilingi Pulau Menjangan. Di sini terdapat sekitar 45 jenis terumbu karang, 32 jenis ikan karang dan 9 moluska laut. Tempat hidup yang nyaman bagi jackfish, batfish, angelfish, tuna, penyu laut, bahkan ikan hiu.

Selain itu ada spot diving Anchor Wreck, yaitu bangkai kapal di kedalaman 45 meter. Konon ini adalah kapal Belanda pengangkut budak yang tenggelam dalam perjalanan ke Batavia pada abad ke-19. Sekarang telah ditumbuhi terumbu karang, menjadi tempat penyu dan ikan hiu beraktifitas.

Habitat Jalak Bali

Selain hewan menjangan, di pulau ini dan di Taman Nasional Bali Barat secara umum, juga menjadi habitat alami bagi burung jalak Bali. Burung ini hanya terdapat di Bali barat, dan sudah sangat langka, cuma tersisa sejumlah puluhan ekor di alam.

Jalak Bali ditemukan pada tahun 1911 oleh Baron Stressmann, ahli biologi dari Jerman. Setahun kemudian Walter Rothschild, seorang pakar satwa, mempublikasikan jalak Bali ke dunia ilmu pengetahuan, dan memberinya nama latin Leucopsar rothschildi, sesuai dengan namanya.

Upaya konservasi burung cantik berjambul dengan bulu tubuh putih bersih dengan ujung ekor dan sayap berwarna hitam ini, meliputi perlindungan terhadap habitat alamnya, dan usaha penangkaran, untuk kemudian dilepasliarkan kembali ke alam.

Bila beruntung, kita bisa menjumpai burung genit yang hampir punah ini, saat trekking di Pulau Menjangan. Ya, selain berkegiatan di laut, menjelajah daratan juga menjadi aktifitas yang patut dijajal di pulau yang telah masuk sebagai kawasan Taman Nasional Bali Barat sejak tahun 1995 ini.

Trekking

open trip menjangan, pulau mejangan map, tour ke pulau menjangan

Trip ke pulau Menjangan

Terdapat empat buah pura penting bagi umat Hindu di Bali yang berada di Pulau Menjangan, yaitu Pura Gajah Mada, Pura Kleting Sari, Pura Segara Giri, dan Pura Kebo Iwa. Bila kita ingin mengunjungi keseluruhan atau sebagian pura itu, kita bisa menempuhnya dengan trekking.

Trekking dalam wisata Pulau Menjangan merupakan hal yang mengasyikkan. Pada jalur trekking ini, selain kita bisa mengunjungi tempat-tempat ibadah umat Hindu, kita juga bisa menjelajah hutan mangrove, dan padang rumput ilalang, tempat satwa menjangan merumput.

Tips Wisata Pulau Menjangan

  • Gunakan sunblock, agar kulit tidak terbakar. Bawalah pula kaca mata hitam dan topi.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup, obat-obatan pribadi, dan kebutuhan lainnya. Pulau ini tak berpenghuni, jadi tidak ada orang berjualan.
  • Bawalah perlengkapan snorkeling. Atau gunakan jasa tour operator yang menyediakan kebutuhan snorkeling.
  • Bila ingin beraktifitas diving, gunakanlah jasa tour operator. Selain perlengkapan diving yang disediakan, tour operator juga akan menyediakan guide yang paham spot-spot diving andalan.
  • Dalam berkegiatan snorkeling ataupun diving, jagalah jangan sampai mematahkan atau merusak terumbu karang. Terumbu karang tumbuh dengan lambat, ada yang hanya tumbuh 5-10 cm per tahun, bahkan ada yang hanya bisa tumbuh 0,5 – 1 cm per tahun.
  • Jangan meninggalkan sampah. Bawalah kantong untuk sampah, untuk membawa pulang sampah kita sendiri.
  • Jangan mengambil apapun selain foto dan video, jangan meninggalkan apapun selain jejak, dan jangan membunuh apapun selain waktu.

Paket Wisata Pulau Menjangan

Untuk lebih mudah, lebih murah, dan lebih nyamannya dalam berkegiatan wisata ke Pulau Menjangan, disarankan sebaiknya gunakanlah jasa tour operator. Tour Banyuwangi adalah salah satu tour operator yang memiliki alternatif-alternatif pilihan terbaik untuk paket Wisata Pulau Menjangan dari Banyuwangi.

Paket Wisata Pulau Menjangan dari Banyuwangi ditawarkan oleh Tour Banyuwangi dengan harga yang bersahabat. Tour Banyuwangi memfasilitasi paket tour Pulau Menjangan dalam grup besar, grup kecil, maupun private.

Tour Banyuwangi menyediakan paket wisata yang disesuaikan kebutuhan customer, maupun Paket Wisata Backpacker ke Pulau Menjangan yang biasa disebut sebagai Open Trip Pulau Menjangan, yang bisa diorder kapan saja, setiap hari.

[wp-svg-icons icon=”tag” wrap=”b”] Baca juga : Pesona Teluk Hijau Banyuwangi

Berminat untuk berwisata ke Pulau Menjangan? Silahkan order Paket Wisata Pulau Menjangan dari Banyuwangi sekarang juga ke Tour Banyuwangi. Nikmati eksotisnya surga bawah laut wisata Pulau Menjangan Bali Barat.

Related Post

Comments are closed.